Kelengkapan Kapal di Dermaga Tuapeijat Mentawai Dicek

Sumber: Tribratanews

Padangkita.com – Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Hendri Yahya memimpin pengecekan terhadap kelengkapan kapal yang bersandar di Dermaga Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, tempo hari.

Kegiatan pengecekan tersebut juga diikuti Danlanal Mentawai, Kakan SAR Mentawai, Kasdim 0319 Mentawai, Kadis Perhubungan, Kasat Pol Air, KBO Sat Intelkam serta Syahbandar Mentawai.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan terkait pasca kecelakaan yang terjadi di Danau Toba Sumatera Utara beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

Dia mengatakan pengecekan tersebut ntuk memastikan alat kelengkapan kapal telah tersedia di masing-masing kapal.

“Kita memeriksa seluruh kelengkapan Kapal seperti Life Jacket ( Rompi Penolong ), Life Bouy ( Pelampung Penolong ), Survivar and Immer Suite ( Pakaian Cebur ), Termal Protective Aid ( Sarana Pelindung Panas), Sekoci Penyelamat, dan alat-alat penyelamat lainnya,” imbuhnya.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga memberikan seruan kepada Kru Kapal agar pada saat berlayar menyampaikan kepada penumpang terkait apa-apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kecelakan, seruan tersebut wajib dilakukan oleh Kru kapal setiap melakukan pelayaran, Kita tidak ingin kejadian di Danau Toba beberapa waktu lalu terulang kembali.

“Kegiatan seperti ini sebelumnya sudah pernah kita lakukan dan untuk kedepannya akan kita tingkatkan lagi. Karna keselamatan Masyarakat menjadi Prioritas Utama,” tegasnya.

Kasat Pol Air Polres Kepulauan Mentawai IPTU Budi Setiawan menyampaikan pengecekan dilakukan kepada semua Armada Kapal yang bersandar pada hari di Dermaga Tuapejat dan akan melakukan pelayaran di antaranya KMP Ambu-ambu, MV. Mentawai Fast 1, KLM. Nade 220, KMP. Bakkat Menuang dan Boat Masyarakat.

“Kita menekankan agar alat keselamatan yang disediakan harus cukup dengan jumlah maksimal penumpangnya dan kapasitas angkut tidak boleh melebihi batas yang telah ditentukan,” pungkasnya.