Kata Anies Baswedan Soal Padang Menjadi Tempat Pertemuan Ulama

Anies Baswedan. (Foto : Ist)

Padangkita.com – Kota Padang menjadi tuan rumah Multaqa Da’i ketiga. Kegiatan ini dilangsungkan 11-21 Juli 2017. Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan menilai bahwa kegiatan ini diselenggarakan di tempat yang tepat.

“Padang menjadi tuan rumah penyelenggara, di tanah yang sudah memiliki tradisi pemikiran cukup panjang,” sebutnya usai menghadiri pembukaan Multaqa Da’i di Masjid Raya Sumatera Barat, Senin (17/7/2017).

Anies mengatakan dengan diselenggarakannya Multaqa Da’i di Padang, telah menunjukkan kepada dunia Islam bahwa demokrasi hadir di tempat ini (Indonesia). Negara yang mengelola kebhinnekaan yang sangat luar biasa. Bermacam suku, agama dan lainnya bersatu di Indonesia.

“Para da’i akan melihat itu semua, mudah-mudahan bisa belajar dengan kita,” harapnya.

Anies menilai, dengan digelarnya Multaqa Da’i di Padang akan mampu menjadi pemantik semangat agar Indonesia mampu menjadi pemain di tingkat dunia. Tidak lagi hanya sebagai penonton.

Disinggung tentang tema persatuan umat yang diangkat pada Multaqa Da’i ini, Anies menyebut bahwa persatuan harus memiliki pondasi. Pondasi yang kuat. Seperti keadilan dan kedamaian.

“Dengan keadilan dan kedamaian akan tercipta kesatuan,” ucapnya.

Pada saat itu Anies Baswedan sempat berkeliling melihat kondisi Masjid Raya Sumbar. Anies terkagum-kagum dan menanyakan pembangunan masjid tersebut.

“Keren. Dari luar tidak seperti masjid,” sebutnya, seperti juga dirilis Humas Pemko Padang.