Jelang TdS, Jalan Rusak di Pessel Akan Diperbaiki

Pembalap Sepeda TdS 2017

Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) memastikan, sejumlah ruas Jalan Nasional di Kota Painan akan mulus jelang pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2018. Kondisi jalan memang harus dipastikan dalam kondisi baik saat dilintasi pebalab sepeda  TdS.

Kadis PU Pessel mengakui, sejauh ini masih terdapat sejumlah ruas jalan nasional yang masih dalam kondisi tidak baik. Diantaranya, karena ada faktor sudah waktunya perbaikan dan juga tekanan faktor hujan.

“Benar saat ini memang ada (jalan) yang berlubang. Itu sedang perbaikan sama Balai Jalan Nasional. Karena kondisi hujan, tentu tidak bisa (langsung) mengaspal,” sebut Kadis PU Pessel, Era Sukma Munaf dikutip dari pesisirselatankab, Kamis (18/10/2018).

Sejumlah ruas Jalan Nasional yang mengalami rusak parah, salah satunya terpantau di ruas Jalan Ilyas Yakub. Tidak hanya rusak, kondisi jalanpun penuh digenangi air saat cuaca hujan.

“Untuk menimalisir rusak parah, karena cuaca sudah ditimbun sementara pakai kelas A (material lapis pondasi). Mungkin nanti akan dibongkar balik. kalau sudah musim panas, akan mereka tambal kembali,” sebutnya.

Menurut Era Sukma, mengingat pemakai jalan akan digunakan sebagai perlintas TdS 2018 di Pesisir Selatan, semua jalan akan dipastikan sudah mulus. Tidak terkecuali di ruas Jalan Nasional pusat Kota namun juga jalan lainnya yang menjadi jalur perlintasan.

“Kalau untuk pengasapalan secara total belum. Karena saat ini usulan kita masih di jakarta. Namun, jelang TdS semua jalan beraspal tidak ada yang berlubang. Memang itu sudah komitmennya,”pungkasnya.

Diketahui, Tour de Singkarak (TdS) 2018 akan siap kembali digelar pada November mendatang.  Ajang yang mengawinkan olahraga dan pariwisata ini akan dilaksanakan delapan etape dengan melibatkan 15 dari 19 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat, termasuk Kabupaten Pesisir Selatan.

Sebelumnya, dalam terpantau seperti di sekitaran Jalan Ilyas Yakub Painan masih banyak ruas jalan yang berlubang. Tidak hanya berlubang, ruas jalan nasional digenangi air hujan.

Baca juga:
Babak I: Semen Padang FC Unggul 1-0 Atas Barito Putra