Jelang Lebaran Harga Telur di Padang Turun

Telur (Foto: Ist)

Padangkita.com – Enam hari menjelang lebaran Idul Fitri 2017, harga telur di pasar raya kota Padang mengalami penurunan.

Dalam 3 hari belakangan harga telur ayam petelur turun menjadi Rp35 ribu per papan dari harga sebelumnya yang mencapai Rp37 – 38 ribu per papan.

Ermiati, pedagang telur di pasar raya Padang mengatakan penurunan harga telur disebabkan melimpahnya pasokan telur yang ada saat ini.

“Pasokan telur banyak sedangkan yang beli tidak seberapa jadi harga jadi turun,” katanya kepada Padangkita.com, Selasa (20/06/2017).

Selain melimpahnya pasokan yang ada, penurunan pembeli akibat masuknya tahun ajaran baru diduga menjadi penyebab hal tersebut.

Seperti yang terpantau di pasar raya Padang, telur ayam ras ukuran super di jual Rp 35 ribu per papan atau seribu seratus rupiah per butir.

Selain telur ayam, pedangan menyatakan harga telur itik juga ikut turun dari Rp2.200 per butir menjadi Rp2.000 per butir.

“Harga telur itik beberapa hari ini juga turun,” kata Ermiati.

Menurut para pedagang penurunan penjualan telur mereka mencapai 25 persen dibandingkan hari biasanya.

Selain pengaruh banyaknya pasokan telur dari Payakumbuh, turunnya daya beli masyarakat karena segera masuknya tahun ajaran baru diduga ikut menjadi penyebab.

Menurut warga, pembelian telur untuk membuat kue lebaran terpaksa dikurangi demi memenuhi pendidikan anak .

(Aidil Sikumbang)

Baca juga:
Bulog Jamin Stok Beras Mencukupi Selama Ramadan