Jelang Imlek, Peziarah Datangi Rumah Abu Abadi di Padang

Peziarah di rumah abu di Padang (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Jelang perayaan tahun baru imlek 2569, rumah abu di Padang,  Sumatera Barat mulai ramai didatangi warga Tionghoa dari berbagai daerah. Warga memilih datang lebih awal untuk ziarah dan mendoakan arwah keluarga mereka.

Samsudin, petugas rumah abu abadi Padang mengatakan kedatangan para peziarah ke rumah abu untuk datang berziarah dan berdoa untuk keluarga mereka. Para peziarah pun tidak hanya berasal dari Sumatera Barat tetapi juga provinsi lain di Indonesia.

“Mereka ini datang dari sejumlah daerah di Indonesia. Mereka datang untuk berdoa dan juga menziarahi keluarga mereka yang telah meninggal di sini,” katanya kepada padangkita, Rabu (14/02/3018).

Menurut pengelola rumah abu, terjadi peningkatan kunjungan signifikan dari hari biasa. Kondisi ini selalu terjadi di setiap jelang tahun baru Imlek. Diperkirakan jumlah pengunjung akan terus bertambah hingga seminggu ke depan.

Rumah abu abadi yang telah digunakan sejak 17 tahun lalu ini. Di tempat ini tersimpan 350 abu hasil kremasi jenazah warga keturunan tionghoa  dan merupakan satu dari tiga rumah abu di kota Padang.

“Di sini tersimpan sekitar 350 abu jenazah warga keturunan,” jelasnya.

Dia memprediksi puncak kunjungan para ziarah diperkirakan besok, Kamis (15/02/2018). sedangkan kegaiatn ziarah ini akan berlangsung seminggu kedepan. Rumah abu abadi sendiri berada jalan Pasar Batipuh Kota Padang.

Selain untuk mendoakan arwah keluarga  ziarah ke rumah abu juga sebagai upaya warga untuk mengenal dan menghormati leluhur mereka. Warga berharap di tahun anjing ini diberi kesehatan dan kesejahteraan serta dijauhkan dari bahaya.

(Aidil Sikumbang)

Baca juga:
"Matahari Terbit" Lagu Perjuangan yang Pernah Dicekal Belanda, ini Sejarahnya