Irwan Promosikan Pariwisata Sumbar di Chicago

Wisatawan sedang menikmati keindahan Teluk Mandeh dari Puncak Mandeh. (Foto: Dok. PadangKita)

Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mempromosikan pariwisata daerah itu kepada pengusaha dari berbagai bidang di Chicago, Amerika Serikat. Irwan juga mengajak para pengusaha tersebut untuk berinvestasi di Sumbar.

“Saya memaparkan potensi pariwisata, investasi dan peluang investasi di Sumatra Barat,” kata Irwan, Senin (26/3/2018).

Menurutnya, sektor pariwisata Sumbar berkembang kian pesat dan membutuhkan investasi untuk pengembangan lebih lanjut.

Gubernur Sumbar diundang Konsulat Jenderal RI di Chicago dan berbicara di forum Amerika Society Travel of Agent. Selain itu, juga diagendakan business meeting dengan pengusaha-pengusaha berbagai bidang di kota terbesar kedua di Amerika Serikat itu.

Ia menuturkan untuk bidang pariwisata, investasi dibutuhkan untuk pengembangan objek, serta mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang rencananya dibangun di dua daerah, Mandeh dan Mentawai.

Tak hanya pariwisata, gubernur Sumbar juga memaparkan potensi lainnya, yaitu UMKM Sumbar dengan produk unggulan rendang kemasan.

Daerah itu menargetkan produk rendang yang dikenal sebagai makanan terenak di dunia versi CNN bisa diekspor dan masuk pasar Amerika. Begitu juga dengan produk UMKM lainnya, seperti tenunan, bordir dan sulaman.

Selain itu, juga digarap potensi perikanan dengan membuka peluang ekspor tuna ke Amerika. Sumbar merupakan salah satu habitat tuna, namun potensi itu belum tergarap maksimal.