Indah dan Menantangnya Air Terjun Pelangi di Ranah Minang, Yuk ke Sini?

Ilustrasi (foto: pexels)

Padangkita.com – Sumatera Barat memiliki sejumlah potensi wisata yang dapat menarik minat wisatawan untuk datang dan menikmatinya. Potensi wisata tersebut terbentang luas mulai dari keindahan alam di darat hingga yang ada di dalam laut.

Mungkin sebagian besar masyarakat kita sudah mengenal tempat wisata air terjun Lembah Anai di berada di jalan lintas Padang-Bukittinggi. Namun apakah anda sudah pernah mendengar dan mengenal air terjun Pelangai Gadang?.

Air terjun Pelangai gadang ini berada di hulu Nagari Pelangai atau sekira 10 Kilometer dari Balai Selasa, ibu kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Air Terjun ini dinamakan juga air terjun pelangi. Hal ini disebabkan percikan air dan embun yang terbang di air terjun tersebut membentuk miliaran kristal air. Dan saat terkena pancaran cahaya matahari menimbulkan efek warna pelangi yang sangat indah.

Jika cuaca bagus dan sepanjang kawasan tersebut disinari mentari pengunjung dan wisatawan bisa dipastikan akan menemukan pelangi-pelangi itu.

Keindahan air terjun ini sangatlah luar biasa, tidak kalah dari air terjun Bayang Sani yang juga berada di Pesisir Selatan dan menjadi ikon wisata daerah tersebut.

Jika ingin menikmati Air Terjun Pelangi tersebut, pengunjung sedikit berkeringat karena harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak lebih kurang 5 kilometer dari pusat Nagari Pelangai.

Sepanjang menyuri jalan ke air terjun Pelangi, pengunjung akan disuguhi pemadangan yang masih asri dan asli.

Lingkungan di daerah ini serta habitat tanaman rimba masih terawat dengan baik. Keindahan alamnya sungguh sangat memukau.

Darmawan salah seorang warga Balai Selasa, Pesisir Selatan mengatakan keindahan yang terpancar dari Air Terjun (Pelangi) Pelangai Gadang tersebut adalah keasrian, keindahan dan airnya yang bersih.

“Di air terjun itu, anda akan saksikan pelangi sepanjang waktu,” katanya seperti dilansir dari situs pemkab.

Dia juga mengatakan bahwa air yang turun berasal dari pucuk tebing yang masih bagian gugusan Bukit Barisan itupun jatuh atau terjun bebas setinggi 50 meter lebih.

Untuk menjaga kebersihan tempat tersebut, warga selalu membersikan jalan menuju Air Terjun. Selain itu warga disana juga berkomitmen untuk tidak mengganggu asset yang berharga itu.

Batu batu yang ada pun tidak diambil untuk dijadikan bahan bangunan. semuanya dibiarkan dan dijaga dengan baik. Di tempat ini juga pengunjung bisa menikmati kicau burung yang sangat merdu.

Objek wisata air terjun (Pelangi) Pelangai Gadang, biasanya akan sangat ramai dikunjungi saat menjelang bulan puasa atau balimau. Masyarakat menikmati keindahan dan kesegaran air terjun tersebut.

 

BAGIKAN