Hujan Lebat Sebabkan Banjir dan Longsor di Padang

Ilustrasi hujan (Foto: padangkita.com)

Padangkita.com – Hujan lebat yang mengguyur kota Padang sejak Rabu (14/02/2018) sore hingga Kamis (15/02/2018) menyebabkan air sungai meluap, longsor, dan beberapa lokasi lainnya tergenang air.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana(Pusdalops-PB) kota Padang melaporkan 6 lokasi yang tergenang air. Wilayah tersebut antara lain di Kampung Jawa Dalam, Lubuk Begalung, Pasar Ambacang Kuranji, Cengkeh, dan kawasan Jati.

Selain genangan air, hujan lebat disertai angin kencang dan petir juga mengakibatkan pohon tumbang di kawasan Parak Rimbo dan di Jalan Hiligoo. Pohon tumbang menimpa sebuah rumah ibadah.

Longsor juga terjadi di kawasan Seberang Pebayan, Kelurahan Batang Arau, Padang Selatan. Longsor menyebabkan rumah rusak meski demikian tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Sementara itu, BMKG memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpeluang terjadi di beberapa daerah Sumatera Barat hari ini.

Wilayah tersebut meliputi Kep Mentawai (Siberut), Padang pariaman, Pariaman, Padang(Teluk Bayur, Lubuk Kilangan, Bungus Teluk Kabung), Pesisir Selatan(Tarusan, Bayangm Painan, IV Jurai, Batang Kapas) dan dapat meluas ke Tanah datar, Solok dan Sekitarnya.