Hari Libur, Ribuan Wisatawan Serbu Laskar Turtle Camp Ampiang Parak

Pulau Penyu Ampiang Parak (Foto: pesisirselatankab.go.id)

Padangkita.com – Pulau Penyu Ampiang Parak di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan diserbu ribuan pengunjung saat hari libur.

Data pemda Pesisir Selatan (Pessel) mencatatkan setidaknya 2.000 pengunjung mendatangi pulau tersebut pada Minggu (18/2/2018) lalu.

Laskar Turtle Camp Ampiang Parak atau pulau penyu adalah satu-satunya tempat wisata yang menjaga dan melestarikan penyu di Pessel.

Pengunjung juga tak perlu keluar uang banyak, cukup beli tiket kapal dengan harga Rp.5000 untuk satu orang dewasa, jika anak-anak cukup bayar Rp.3000. Waktu yang di tempuh hanya sekitar 5 Menit untuk sampai di lokasi pulau.

Pengunjung dapat melihat lansung penyu-penyu yang berada di pulau ini. Selain itu, pulau ini juga memiliki distinasi pantai yang indah bersih serta jajaran pohon pinus yang tertata rapi.

“Dapat dilihat, para pengunjung sangat berantusias untuk menyaksikan langsung penyu yang dilestarikan baik dari penyu yang berukuran kecil sampai yang berukuran besar,” kata Desfrianto, Divisi Pengawas dan Lingkungan Wisata Laskar Turtle Camp Ampiang Parak.

Menurutnya, pulau itu merupakan satu-satunya habitat penyu yang diminati oleh pengunjung dan terjaga lingkungannya.

“Ya wisata yang satu-satunya yang kita miliki sudah sangat diminati oleh para pencinta penyu dan pantai, sehingga saat ini pengunjung rela antrian panjang untuk mendapatkan tiket kapal,” ujarnya.

Ia menuturkan, karena kapal yang beroperasi untuk mengangkut pengunjung hanya 2 unit dengan kapasitas muatan 40 orang, sehingga pengunjung harus antrian.

Dan setiap pengujung juga diharuskan untuk mengisi buku tamu, guna mengantisipasi kecelakaan atau ketertinghalan kapal.