Hari Ini Piala Indonesia Dimulai, Berikut Jadwalnya

Turnamen Piala Indonesia dimulai (Foto: pssi.org)

Padangkita.com – Turnamen sepak bola Piala Indonesia siap bergulir pada hari ini, Selasa (8/5/2018).

Pembukaan turnamen yang diikuti 128 klub ini akan ditandai pertandingan perdana antara tuan rumah Persibo Bojonegoro melawan Madura United di Stadion Letnan Jenderal H. Soedirman Bojonegoro pada pukul 15.30 WIB.

Kedua tim sudah membuat persiapan untuk laga ini. Tuan rumah Persibo Bojonegoro, yang merupakan juara Piala Indonesia tahun 2012 lalu, melakukan latihan resmi di Stadion pada Senin pagi. Sementara Madura United memilih waktu latihan resmi pada sore harinya.

Bojonegoro dan Madura United tergabung di zona 10. Selain mereka, juga ada tim Liga 3 yakni Persatu Tuban yang akan berhadapan dengan Persegres Gresik (Liga 2), Persepam Madura (liga 3) yang menjamu Madura FC (liga 2) dan Persekap Pasuruan (liga 3) yang ditantang tamunya Persu Sumenep (liga 3).

Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan, laga pembuka Piala Indonesia dipilih di Bojonegoro karena Persibo Bojonegoro merupakan juara Piala Indonesia sebelumnya.

Piala Indonesia terakhir digelar pada tahun 2012 dan kembali diaktifkan tahun ini. Pada tahun itu, Persibo Bojonegoro tampil sebagai juara setelah di final mengalahkan Semen Padang FC 1-0.

“Tahun ini, jumlah perserta sebanyak 128 tim. Kita telah mengundi pertandingan babak pertama di 16 zona. Para pemenang dari laga pertama ini selanjutnya akan diundi lagi untuk mencari lawan berikutnya dari zona yang sama,” kata Joko Driyono yang juga merupakan Wakil Presiden AFF.

Jadwal pertandingan Piala Indonesia akan disesuaikan dengan jadwal Liga 1 dan Liga 2 agar tidak berbenturan. Untuk bulan Mei, pertandingan yang sudah dijadwalkan, yakni di zona 9 antara PSBK Kota Blitar vs Arema FC di Stadion Soeprijadi Kota Blitar, pada Rabu (9/5/2018).

Setelah itu laga di zona 11 antara Persekabpas Pasuruan vs Persid Jember di stadion R. Soedrasono Bangil, Senin (14/5/2018). Berikutnya masih di zona 11 di Stadion Brawijaya Kediri antara tuan rumah Persik Kediri melawan Persela Lamongan pada hari Selasa (15/5/2018).

Format Piala Indonesia dengan sistem gugur dengan jumlah total pertandingan sebanyak 158. Dengan 128 peserta, Piala Indonesia akan dibagi dalam babak 128 besar atau round 1, babak 64 besar (round 2), babak 32 besar (round 3), babak 16 besar (round 4), babak delapan besar (perempat final), babak empat besar (semifinal) dan final.

Untuk round 1 dan round 2 sistemnya single match (satu pertandingan). Tuan rumah dari pertandingan ini adalah klub yang statusnya lebih rendah. Sistem pertandingan home and away mulai diterapkan di babak 32 besar atau round 3 sampai final.

Penentuan lawan mulai round 1 sampai round 3 diundi. Untuk round 1, tim Liga 1 atau Liga 2 dipastikan akan mendapatkan lawan dari tim Liga 3. Namun, tim Liga 3 juga punya peluang untuk menghadapi sesama tim Liga 3.

Setelah round 1 selesai, round 2 di masing-masing zona kembali diundi dan demikian seterusnya sampai round 3. Pengundian penentuan lawan ini dilakukan agar masing-masing tim punya peluang yang sama. [ril]

Jadwal Pertandingan Piala Indonesia Bulan Mei 2018

8 Mei, 15.30 WIB
Persibo Bojonegoro vs Madura United – Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro

9 Mei, 18.30 WIB
PSBK Blitar vs Arema FC – Stadion Soeprijadi Kota Blitar

14 Mei, 15.00 WIB
Persekabpas vs Persid Jember – Stadion R. Soedrasono Bangil

15 Mei, 15.00 WIB
Persik Kediri vs Persela Lamongan – Stadion Brawijaya Kediri