Grup Asal Jepang Tampilkan 3 Tari di Padang

Natural Dance Teather. (Foto:Ist)

Padangkita.com – Grup tari asal Jepang, Natural Dance Theatre (NDT) dijadwalkan tampil dalam KABA Festival di Taman Budaya Sumatera Barat.

NDT akan menampilkan tiga judul pertunjukan berdurasi masing – masing lima menit. Pertunjukan pertama berjudul The Strange Sleeping Beauty, tari yang bercerita tentang seorang perempuan yang telah tertidur 100 tahun lamanya.

Karya kedua yang akan ditampilkan berjudul Continuation Declaration, yang bercerita tentang praktek kejujuran, serta bagaimana respon tubuh saat tahu telah dibohongi. Sedangkan judul terakhir berjudul Jinsei Konna Monsa, yang bercerita tentang pertarungan manusia modern untuk bekerja seperti layaknya mesin.

Tarian yang berjudul The Strange Sleeping Beauty yang akan ditampilkan NDT merupakan versi kontemporer dari bentuk tradisi Butoh. Butoh adalah tari tradisi di Jepang yang berpijak pada tubuh asal atau transendental mereka.

Sebagai seni pertunjukan tubuh, Butoh punya sejarah yang panjang. Pengamat pertunjukkan Indonesia, Ratu Selvi Agnesia menyatakan, sejarah Butoh dikaitkan dengan sebuah tarian Jepang berjuluk “Kinjiki” atau warna yang terlarang. Tari ini bertema homoseksual dari Tatsumi Hijikata dan Yoshito Ohno.

“Meski sempat menuai kontroversi, namun justru menjadi titik keberangkatan gagasan awal yang menciptakan pertunjukan seni yang jujur, natural, dan mempunyai identitas khusus “ ujarnya dalam rilis yang diterima Padangkita.com, Jumat (28/7/2017).

Selvi  menambahkan, Butoh mulai dikenal di dunia seni internasional sejak era 1970-an, ia berkembang terutama di Amerika.

“Butoh adalah seni mendistorsi tubuh yang mapan, menyampaikan makna melalui tubuh- sebagai bahasa, alat dan media melalui gerakan, teater ataupun lebih dikenal dengan tari kegelapan “ ujarnya.

Ketiga tarian yang akan dibawakan Natural Dance Theatre di KABA Festival, tidak hanya disutradarai oleh Shinji Nakamura, selaku pimpinan NDT. Pertunjukan berjudul Continuation Declaration disutradarai dan dikoreografikan oleh Yamato.

Perhelatan KABA Festival 4 berlangsung pada 2 – 5 Agustus 2017 pukul 19.00 Wib. NDC akan tampil di hari ketiga.

“Natural Dance Theatre akan tampil pada hari kedua (3/8),” Terang Angga Djamar, direktur KABA Festival 4.

Baca juga:
Rahasia Panjang Umur Orang-Orang Berusia 100 Tahun