Foto : Wajah Lama Jalan dari Tapan Menuju Sungaipenuh

Padangkita.com – Jika anda pernah melintasi jalan dari Kota Sungaipenuh Provinsi Jambi menuju Sumatera Barat melewati Kabupaten Pesisir Selatan, mungkin anda akan berpikir betapa kecil dan sempitnya jalan yang dilalui. Tidak hanya sempit, tapi juga terdapat banyak penurunan yang curam dengan tikungan tajam.

Tapi tahukah anda bagaimana kondisi jalan antara dua daerah itu pada masa dulu?

Antara orang Sungaipenuh dengan beberapa wilayah di Pantai Barat Sumatera, terutama di pesisir barat bagian selatan Sumatera Barat, seperti Inderapura, Tapan, dan Air Haji, telah terjalin hubungan dagang sejak lama. Banyak kisah yang mungkin tidak terbukukan dari hubungan masyarakat dua daerah yang kini berbeda provinsi itu.

Keduanya memiliki topografi yang berbeda, karena itu juga mereka menjalin kerjasama yang erat dibidang perdagangan. Sungaipenuh yang berada di wilayah pergunungan kaya dengan hasil alam sayur-mayur yang dibutuhkan oleh orang-orang di Inderapura, Tapan dan wilayah sekitarnya. Dan sebaliknya. Inderapura dan wilayah sekitar seperti Air Haji, memiliki hasil laut seperti ikan dan garam, yang dibutuhkan orang-orang Sungaipenuh.

Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana para pedagang dari dua daerah ini dulu membawa barang dagangannya. Terutama ketika menelusuri jalan dari Tapan menuju Sungaipenuh yang merupakan kawasan perbukitan. Jangan bayangkan seperti saat sekarang. Walau mungkin menurut anda jalan yang ada sekarang sangat memprihatinkan.

Dilansir Padangkita.com dari KITLV ditemukan beberapa dokumentasi foto kondisi jalan dari Tapan menuju Sungaipenuh pada masa lampau. Pada beberapa foto ini tertera dokumentasi milik Wessem, W. van dengan tahun 1918. Tidak diketahui identitas lengkap dari Wessem, W. van serta dalam rangka apa ia mendokumentasikan foto-foto ini.

Dari salah satu foto tersebut tampak kondisi jalan yang sangat sempit melintasi bibir bukit dengan jurang yang terjal. Namun, Wessem, W. van dalam dokumentasinya juga mengabadikan keindahan sungai di Sako, Batang Tapan, dan satu foto Air Terjun.

Berikut foto-foto yang dihimpun oleh Padangkita.com mengenai kondisi jalan dari Tapan menuju Sungaipenuh yang dilansir dari KITLV.

Baca juga:
Melly Goeslaw Dipastikan Akan Menggelar Konser Amal untuk Palestina di Pesisir Selatan