Foto : Hotel Sumatra, Hotel Tertua di Padang

Padangkita.com Industri perhotelan di Kota Padang saat ini berkembang dengan pesat. Bangunan hotel baru mulai berdiri di beberapa kawasan strategis kota. Bahkan di jalan-jalan utama kota, seperti jalan Sudirman, bahkan kini beberapa izin sudah terbit di kawasan Jalan Khatib Sulaiman.

Bicara soal hotel, tahukah anda hotel pertama dan tertua yang dibangun di Kota Padang?

Menurut Suryadi, seorang pengajar di Universitas Leiden, Belanda, Hotel Sumatra merupakan hotel pertama yang berdiri di Padang.

“Data ini berdasar pada foto Hotel Sumatra yang dibuat tahun 1867 oleh Woodbury & Page, pionir fotografer profesional di Batavia kala itu,” tulis Suryadi, dilansir dari blog pribadnya niadilova.wordpress.com.

Menurutnya, lokasi Hotel Sumatra berada di daerah Berok Muaro, kira-kira dekat Penjara sekarang. Saat itu bangunan hotel ini masih sangat sederhana. Dindingnya terbuat dari kayu dan atapnya dari rumbia. Lampu penerangannya pun masih menggunakan lampu minyak. Sangat sederhana.

Untuk ukuran saat itu tentulah tempat seperti merupakan tempat yang sangat megah dan mewah. Tidak semua orang mampu menginap di hotel ini. Sehingga diperkirakan hanya orang-orang belanda atau eropa atau mereka yang berkasta sosial tinggi yang mampu menginap di hotel ini.

Suryadi mengatakan Hotel Sumatra adalah pionir dunia perhotelan di Padang. Pada dekade-dekade berikutnya muncul hotel-hotel lain, seperti Hotel Atjeh, Hotel Oranje dan Hotel Kong Bie Hiang.

Perkembangan hotel di Kota Padang saat itu bisa saja karena kunjungan pelaut Inggris pada tahun 1649. Kota ini kemudian mulai berkembang sejak kehadiran bangsa Belanda di bawah Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada tahun 1663, yang diiringi dengan migrasi penduduk Minangkabau dari kawasan luhak.

Selain memiliki muara yang bagus, VOC tertarik membangun pelabuhan dan permukiman baru di pesisir barat Sumatera untuk memudahkan akses perdagangan dengan kawasan pedalaman Minangkabau.

Berikut beberapa foto Hotel Sumatra yang dilansir oleh Padangkita.com dari KITLV. Termasuk foto Hotel Sumatra yang dibuat tahun 1867 oleh Woodbury & Page.