Embung Timbulun di Pessel Dikemas Jadi Kawasan Wisata Baru

Gerbang memasuki Kabupaten Pesisir Selatan dari Padang (Foto: twitter anakanakminang)

Padangkita.com – Embung Timbulun, Nagari Taratak, Kecamatan Sutera dikemas menjadi daerah wisata baru. Pengembangan kawasan tersebut bakal didukung dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan dan sarana wisata lainnya.

Kemudian mendorong pihak swasta untuk membangun restoran dan sarana pendukung lainnya, sehingga orang akan berkunjung ke lokasi tersebut. Embung yang ditaburi 20 ribu bibit ikan akhir tahun 2017 lalu itu juga layak untuk olahraga mancing.

“Sungguh pesona Embung Timbulun menyegarkan mata, bagi siapa saja yang mencintai kedamaian dan keindahan alam. Saya mengajak masyarakat agar memelihara dan menjaga kebersihan kawasan embung,” kata Bupati Pessel, Hendrajoni, Jumat (06/04/2018) di Painan dikutip dari pesisirselatankab.

Disebutkan, lokasi embung berada di  Nagari Taratak yang juga sebagai salah satu Nagari Mandiri Pangan di Pesisir Selatan.

Sebagaimana diketahui, Nagari Mandiri Pangan dibangun melalui program terpadu lintas perangkat daerah. Penebaran benih ikan di embung beberapa waktu lalu juga dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat di nagari tersebut.

Di kaki bukit, tepatnya di Nagari Taratak, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan sebuah embung raksasa dibangun megah. Tak tanggung-tanggung biaya pembangunannya sebasar Rp 30 miliar.

Embung Timbulun yang berada di Nagari Taratak Sutera itu sejak pengerjaannya hingga selesai, dapat mengairi ribuan hektare sawah di wilayah itu. Lahan-lahan tadah hujan yang selama ini tidak tergarap maksimal, dengan adanya embung tadi lahan tersebut bisa digarap dengan baik.

Apabila akses jalan bagus, maka akan makin banyak orang berkunjung ke lokasi embung itu. Sebab, embung memiliki keindahan tersendiri dan alam di sekitarnya masih asri, sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

Tidak saja berfungsi sebagai hulu irigasi, tetapi ‘waduk Jatiluhurnya’ Pessel ini bisa jadi destinasi wisata keluarga, karena alam dan pemandangannya yang segar dan indah.