Disease X, Penyakit Misterius yang Ancam Kelangsungan Hidup Manusia

Padangkita.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencantumkan Disease X ke dalam daftar penyakit yang mengancam kesehatan masyarakat di dunia. Keputusan (yang baru dirilis dua minggu lalu) tersebut merupakan hasil pertemuan para ahli virologi, bakteriologi, dan ahli penyakit menular di markas besar WHO di Jenewa, Swiss, pada awal Februari 2018.

Disease X bukanlah patogen (bakteri yang menyebabkan infeksi) yang baru diidentifikasi. Ini adalah penyakit yang dipicu mutasi biologis dan diperkirakan akan menjadi ancaman global di masa depan. Hal ini membuat ilmuwan dunia terkejut karena Disease X menyebar dengan cepat.

“Disease X dapat disebabkan oleh patogen yang saat ini tidak diketahui,” menurut keterangan dari WHO, dilansir dari liputan6 yang bersumber dari Telegraph, Selasa (13/5/2018).

Yang dikhawatirkan, Disease X bisa dimanfaatkan sebagai senjata biologis. Senjata biologis adalah senjata yang menggunakan patogen (bakteri, virus, atau organisme penghasil penyakit lainnya) sebagai alat untuk membunuh, melukai, atau melumpuhkan musuh.

Hewan ternak termasuk salah satu sumber penularan Disease X. Kelompok hewan ternak (ayam, babi dan unta) menularkan penyakit zoonosis–penyakit menular yang ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya, seperti flu burung.

 

Demi melawan Disease X, WHO sudah melakukan uji coba persiapan, yakni memperbarui data penyebaran penyakit dan memperkuat kapasitas sistem kesehatan lokal di seluruh dunia.

Hal tersebut bertujuan menemukan wabah Disease X sedini mungkin, sebelum menyebar luas.