Disdik Padang Keluarkan Edaran Nonton Film G30/S/PKI bagi Siswa SD dan SMP

Ilustrasi (Foto: ist)

Padangkita.com – Pemerintah kota Padang melalui dinas pendidikan kota Padang mengeluarkan surat edaran menonton film G30/S/PKI untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menangah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan kota Padang, Barlius mengatakan tujuan memutarkan film tersebut untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kesadaran terhadap sejarah perjuangan bangsa.

“Kepada semua kepala SD dan SMP baik negeri maupun swasta se Kota Padang untuk dapat menugaskan siswanya dengan didampingi orang tua menonton film G30/S/PKI,” tulis surat edaran tersebut, Jumat (22/09/2017).

Rencananya film tersebut akan ditayangkan di salah satu televisi lokal di kota Padang pada 30 September 2017 mendatang pukul 20.00 Wib.

Selain menonton film tersebut, dalam surat edaran tersebut juga dituliskan kepada siswa untuk menulis resume atau ringkasan dari film tersebut. Resume tersebut harus ditulis tangan dan diserahkan kepada wali kelas masing-masing.

Resume ini pun nantinya akan dilombakan dan diberikan hadiah berdasarkan kemampuan sekolah masing-masing.

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan agar melek sejarah generasi muda harus mulai menonton film-film sejarah.

Film (G30/S/PKI) dimasa pemerintahan presiden Soeharto selalu ditayangkan dengan tujuan untuk mengingat dan menggambarkan kekerasan yang dilakukan partai yang dinyatakan terlarang tersebut. Namun sejak presiden Soeharto turun film tersebut tidak pernah ditayangkan lagi.

Presiden Joko Widodo menyatakan menonton film sejarah adalah hal yang penting tapi menurutnya harus ada pembaruan dalam film yang akan ditayangkan.

“Akan lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi-generasi milenial,” kata Presiden Jokowi, seperti dilansir dari setkab, Selasa (18/09/2017).

Tujuannnya menurut presiden Jokowi adalah agar anak-anak milenial sekarang mengerti akan bahayanya komunisme, biar mereka tahu juga mengenai Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dinyatakan terlarang di Indonesia tersebut.

Baca juga:
42 Perusahaan Buka Lowongan Kerja di Padang