Demi Pembinaan, Anjal yang Tertangkap Diberi Pelatihan Militer

Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah. ( Foto: Humas Pemko)

Padangkita.com – Pemerintah Kota Padang mengimbau kepada seluruh warga untuk memberikan perhatian lebih kepada Anjal. Jangan sampai keberadaan mereka menimbulkan keresahaan dan kegaduha di masyarakat.

“Laporkan kepada aparat jika ada anak jalanan yang mengganggu masyarakat,” kata Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, Minggu (28/05/2017) pagi.

Menangani Anjal, Pemko Padang berkomitmen akan memberi pembinaan lebih. Yakni dengan memasukkan mereka ke barak militer.

“Mereka yang tertangkap akan kita beri pelatihan militer,” ungkap Mahyeldi.

Saat ini Pemko Padang melalui Dinas Sosial telah menjalin kerjasama dengan Yonif 133 Yudha Sakti, PT Semen Padang dan Kementerian Agama Kota Padang. Kerjasama ini bertujuan agar Anjal di Padang terperhatikan dan tidak lagi turun ke jalan.

“Selama ini Anjal sangat mengganggu kenyamanan Kota Padang. Ketika ditangkap Satpol PP dan diserahkan ke Dinas Sosial, dibina, diberi pelatihan keterampilan, tetapi setelah itu mereka kembali ke jalanan karena mentalnya belum terbentuk,” sebut Kepala Dinas Sosial melalui Sekretarisnya Afriadi.

Afriadi menyebut, dengan dilatih militer oleh Yonif 133 Yudha Sakti, setiap Anjal mendapat bekal, seperti pemahaman bela negara serta fisik. Tidak itu saja, setiap Anjal juga mendapat siraman rohani dari Kementerian Agama, serta pembentukan mental dan karakter melalui psikolog.

“Mudah-mudahan lewat pembinaan itu mereka jera dan tidak lagi meresahkan warga,” tutur Afriadi.

“Terobosan yang kita lakukan dalam bentuk pembinaan kepada Anjal ini kita lakukan setelah lebaran nanti,” tambahnya, seperti dilansir dari laman resmi Facebook pemko Padang.

Baca juga:
Kemenpora Tetapkan Padang Sebagai Kota Layak Pemuda