Cek Kesiapan Pilkada, Kapolda Sumbar Kunjungi Kota Pariaman

Padangkita.com – Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fakhrizal kunjungi Polres Pariaman, Rabu (21/3) pagi. Dalam kunjungan resmi itu, sejumlah pejabat teras seperti wakapolda Sumatera Barat, Brigjen Pol Dasminur AM dan sejumlah Direktur Mapolda Sumatera Barat ikut sambangi Polres Pariaman.

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, dalam sambutannya mengatakan, situasi keamanan ketertiban masyarakat pada pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Kota Pariaman, secara umum berlangsung aman dan lancar.

Meskipun termasuk kategori rawan tiga dari sisi kerawanan dimedia sosial, ia yakin tidak akan menganggu terciptanya pilkada badunsanak.

“Dimedia sosial debat soal pilkadanya sengit, seperti orang berantem. Tapi begitu bertemu diwarung, duduk satu meja, kadang gantian traktir minum. Panasnya di medsos, tapi situasi diluar kondusif,” jelasnya dikutip dari tribratanews.sumbar.polri.go.id, Rabu (21/03/2018).

Saat ini, kata Mukhlis, pilkada Kota Pariaman memasuki tahapan kampanye. Jika kampanye pilkada didaerah lain berlangsung sengit dan ada terjadi gesekan, tidak demikian di Kota Pariaman.

Perbedaan pilihan politik masyarakat yang terdistribusi kepada tiga pasangan calon mendorong meningkatnya eskalasi. Namun semangat badunsanak masih tetap terjaga.

“Hal tersebut didukung ole hubungan badunsanak dan kekeluargaan antar paslon, tim pemenangan dan relawan masing-masing paslon. Dengan adanya tiga paslon, tentu masyarakat terpecah dalam tiga bentuk arah dukungan. Pilkada Pariaman seperti batabuik, seperti mau perang saja, tapi setelah pilkada duduk satu meja lagi, semua elemen mendukung walikota terpilih,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, kunjugan kerja yang dilaksanakan saat ini, sekaligus pengecekan kesiapan pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak di 4 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat. Selain ke Mapolres Pariaman, ia rencananya akan mengunjungi Mapolres Padangpanjang, yang juga melaksanakan pilkada serentak 2018.

Ia meminta agar personil di Polres Pariaman tidak berfikir under estimate. Situasi yang dinamis cenderung berubah, kata dia, harus dapat diprediksi dan diantisipasi dengan melakukan persiapan pengamanan lainnya.

“Jangan sampai lengah, situasi berubah dengan cepat ditahun politik ini, tentunya kita perlu memetakan, memperkirakan segala kemungkinan dan melakukan tindakan terara dan terukur dalam mengamankan Pilkada,” kata dia.

Ia kembali mengingkatkan anggota Polri bersikap netral selama pelaksanaan Pilkada Kota Pariaman.

“Sikap tidak berpihak kepada pasangan calon dan hanya fokus melaksakan tugas memastikan pilkada berjalan dengan aman,” ulasnya.

Dalam kunjungannya, Irjen Pol Fakhrizal juga melakukan pengecekan personil dan sarana prasarana Polres Pariaman pada Pilkada 2018.