Cegah Putus Sekolah, Baznas Padang Beri Beasiswa 2.268 Pelajar

Walikota Padang saat meyerahkan beasiswa bagi palajar kurang mampu, Selasa (26/09/2017). (Foto Humas)

Padangkita.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang menyerahkan beasiswa bagi ribuan pelajar kurang mampu untuk tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), (Sekoah Menengah Pertama dan Madrasah Tsnawiyah (SMP/MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso mengatakan beasiswa yang diberikan ini merupakan salah satu program Baznaz yakni Padang Cerdas Baznas yang tiap tahunnya menyalurkannya bagi murid-murid yang berasal dari kurang mampu di Kota Padang.

“Tahun ini yang menerima beasiswa sebanyak 2268 siswa dari kalangan masyarakat kurang mampu, tujuannya untuk membantu meringankan beban demi menghindari angka putus sekolah di Padang,” katanya, Selasa (26/09/2017).

Adapun terkait rincian beasiswa yang disalurkan kali ini, untuk per-semesternya murid tingkat SD/MI per-orang menerima beasiswa sebesar Rp300.000, tingkat SMP/MTs Rp400.000 dan MA sebanyak Rp500.000.

“Biar efektif, bantuan beasiswa diserahkan langsung untuk dua semester,” jelasnya.

Sementara itu dari 2.268 pelajar yang menerima beasiswa rinciannya adalah tingkat SD ada 1701 murid, MI 55 murid, SMP 372 murid, MTs 90 murid dan MA 50 murid.

Bantuan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu tersebut mencapai Rp1.473.200.000 dan didistribusikan di dua tempat, yakni di Kantor Baznas Kota Padang dan juga di Masjid Agung Nurul Iman.

Sementara itu, Walikota Padang, Mehyeldi Ansyarullah menegaskan tidak ingin ada siswa atau pelajar di kota Padang yang putus sekolah karena tidak ada biaya.

Menurutnya, pemerintah kota Padang melalui Baznas akan berupaya memberikan bantuan beasiswa bagi pelajar dari kalangan masyarakat kurang mampu. Selain itu juga pendidikan gratis mulai diterapkan untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Kita tidak ingin ada satupun anak yang putus sekolah di kota ini. Alhamdulillah, di samping pendidikan gratis yang sudah diterapkan, masalah keterbenturan biaya dari orang tua juga bisa diatasi melalui pemberian beasiswa bagi para pelajar yang
berasal dari keluarga mampu tiap tahunnya,” ujar Mahyeldi.

Walikota juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat berterima kasih kepada Baznas Kota Padang yang tahun ke tahun terus memberikan bantuan beasiswa pendidikan. Selain itu ia pun juga mengapresiasi berbagai program sosial lainnya oleh Baznas bagi warga Kota Padang sejauh ini.

Baca juga:
Wako Padang Minta Anak-Anak Puasa Gunakan HP dan Laptop

“Ini sesuatu yang harus kita syukuri. Semoga ke depan Baznas diberikan kemampuan oleh Allah untuk senantiasa membantu masyarakat terutama bagi generasi muda calon pemimpin bangsa dan daerah ini ke depan,” tukasnya seperti dilansir dari humas.