Cegah Pungli, Tim Saber Pungli Agam Sosialisasi Pegawai Lapas

Ilustrasi (Sumber: saberpungli)

Padangkita.com – Menyikapi maraknya kasus pungutan liar (pungli) yang terjadi di sejumlah lapas di Indonesia, tim Sapu Bersih Pungutan Liar (saber pungli) Kabupaten Agam gelar sosialisasi kepada Personil Lapas Klas II B Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Wakapolres Agam Kompol Aksalmadi yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli Kabupaten Agam mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pegawai lapas dan warga binaan pemasyarakatan. Menurutnya,
Satgas Saber Pungli memiliki 4 fungsi, yakni intelejen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan serta yustisi.

Selain itu, Satgas Saber Pungli juga diberi kewenangan kepada Satgas untuk melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT).

“Kami dari Tim Saber Pungli Kabupaten Agam berharap dengan kegiatan ini bisa membuka wawasan pegawai lapas dalam hal praktik pungutan liar atau korupsi yang ada diwilayah Lapas Klas II B Lubuk Basung,” katanya dikutip dari tribratanews.sumbar.polri.go.id, Kamis (01/03/2018).

Dirinya berharap dengan pemberian pemahaman sosialisasi seperti ini, para pegawai yang bekerja memberikan pelayanan mengerti dan paham betul akan keseriusan pemerintah dalam memerangi pungutan liar.

“Semoga dengan kegiatan sosialisasi pencegahan pungli ini kita menciptakan pelayanan jauh lebih baik lagi, dan dapat meminimalisir praktek pungli di lingkungan Lapas”, ujar Kompol Aksalmadi.

Dikutip dari detik, Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta kinerja satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) lebih digencarkan tahun ini. Evaluasi pun akan dilakukan tiap bulan.

“Tahun ini saya minta Irwasum (Komjen Eko Putut Bayuseno) selaku Kasatgas Saber Pungli gencarkan kembali. Saya sepakat dengan pimpinan KPK juga, kita akan gencarkan satgas penanganan pungli yang dipimpin Irwasum, yang dikoordinir Menkopolhukam,” kata Tito di Mabes Polri, beberapa waktu lalu.

Tito mengatakan perintah untuk menggencarkan pemberantasan pungli juga telah dia sampaikan kepada para kapolda. Ke depannya, kinerja Satgas Saber Pungli di setiap provinsi akan dia evaluasi setiap bulan.

Baca juga:
Arab Saudi Tarik Pajak 5 %, Kemenag Kaji Biaya Haji 2018