Cara Mencegah Maag Agar Tidak Datang Disaat yang Tidak Tepat

Padangkita.com – Maag adalah penyakit yang lazim diderita oleh masyarakat di Indonesia. Penyebabnya antara lain karena sering terlambat makan atau makan-makanan yang kurang sehat.

Maag membuat perut menjadi tidak nyaman. Selain itu, maag juga menyebabkan sakit atau nyeri dibagian dada, sakit pada mulut dan tenggorokan, serta bau mulut yang menyengat.

Maag tidak dapat disembuhkan dengan cepat, namun bisa dicegah. Nah, agar penyakit ini tidak sering muncul pada saat yang tidak diinginkan, anda bisa lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Istirahat yang cukup
Salah satu upaya untuk mencegah penyakit maag adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dipercaya cukup ampuh untuk mencegah penyakit ini.

Ada baiknya anda menghentikan semua aktivitas dan beristirahat hingga kondisi tubuh kembali bugar.

Jangan terlalu memforsir tenaga anda. Terlalu keras berkerja bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah dan daya tahan tubuh menurun. Hal ini dapat menyebabkan penyakit maag menjadi semakin parah.

Istirahat yang cukup ternyata bisa membantu mencegah penyakit maag, meski demikian ada baiknya anda tetap berkonsultasi dengan dokter untuk program penyembuhan penyakit maag ini.

2. Minum obat maag
Minum obat adalah salah satu cara terbaik untuk mengobati penyakit maag yang sedang kambuh. Untuk penyakit maag ini tersedia beragam obat yang dijual di sejumlah apotek.

Saat maag kambuh, tindakan pertama yang bisa anda lakukan adalah minum obat. Meski demikian, siasakan minum obat maag sebelum makan dan cermati ketentuan dosisnya sesuai yang tertera.

Sekedar saran, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter mengenai jenis obat maag yang paling cocok untuk anda minum.

3. Makan dengan porsi sedikit
Makan tepat waktu dengan porsi yang pas juga merupakan salah satu cara mencegah penyakit maag. Cobalah untuk selalu konsisten dengan jam makan, baik sarapan, makan siang atau makan malam.

Jangan makan dengan cepat cepat. Perlahan saja dan kalau bisa porsi makan anda dikurangi. Makan tepat waktu dengan porsi sedikit merupakan salah satu cara ampuh untuk mencegah penyakit maag.

Baca juga:
Asah Kreativitas Mahasiswa, FBS UNP Helat Festival Sastra

Makan tepat waktu bisa menghindarkan anda dari kenaikan asam lambung akibat perut yang kelamaan tidak terisi makanan. Selain pola makan, jenis makanan pun harus diperhatikan. Hindarilah makanan pedas dan berminyak serta yang mengandung kafein.

4. Habis Makan Jangan Tidur
Setelah makan, jangan langsung tidur. beraktivitaslah ringanlah sekira 30 menit. Karena langsung tidur-tiduran setelah makan bisa membuat asam lambung akan kembali naik ke tenggorokan.

Hal ini tentunya dapat kembali menyebabkan maag anda kumat.