Canangkan Hidup Sehat, Pemko Padang Sosialisasikan Germas

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah

Padangkita.com – Pemerintah kota Padang mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Kota Padang Jumat (26/05/2017).

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Kota Padang bersama Betti Shadiq Pasadigoe, Anggota Komisi IX DPR-RI, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar dan Padang.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, pada kesempatan pembukaan sosialisasi Germas tersebut menyampaikan, gerakan masyarakat hidup sehat merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat. Sekaligus untuk meningkatkan pula derajat kesehatan masyarakat.

Gaya hidup sehat dengan cara meningkatkan aktivitas fisik secara teratur dan terukur. Setelah itu mengkonsumsi sayur dan buah buah setiap hari. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala yang dikenal dengan Aksi Cerdik yaitu Cek Kesehatan Secara Rutin.

“Jauhkan diri dari asap rokok,rutin berolahraga, diet seimbang, dan istirahat yang cukup. Beprilakulah selalu hidup sehat.Upaya promotif dan preventif sejalan dengan RPJMN tahun 2015-2019 yaitu upaya reformasi kesehatan yang difokuskan pada penguatan upaya kesehatan dasar,”ucap Walikota, Mahyeldi Ansharullah.

Kepala DKK Kota Padang Sti Mulyanti mengatakan, untuk mengatasi persoalan kesehatan masyarakat dibutuhkan upaya pendekatan promotif dan preventif yang efektif menjawab berbagai tantangan kesehatan. Sebab pada dasarnya pencegahan penyakit menular dan tidak menular sangat tergantung pada prilaku individu.

Program prioritas pembangunan kesehatan pada periode 2015-2019 dilaksanakan melalui program Indonesia sehat, dengan pendekatan keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjut setelah terbit peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelengaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga.

Baca juga:
Badai Porak-Porandakan Toko dan Sebabkan Pohon Tumbang di Padang Pariaman