Bupati Tanah Datar Resmikan Fasilitas Toilet di Nagari Pariangan

Nagari Pariangan (Foto: wikipedia)

Padangkita.com – Bagaimanapun bagusnya potensi wisata apabila tidak terjaga kebersihan dan keindahannya tentu tidak akan menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan, dan untuk mencapai itu dibutuhkan sarana dan prasarana pendukungnya.

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam acara peresmian galeri, tempat wudhu dan toilet di masjid Ishlah Nagari Pariangan, Senin (7/5/2018) lalu.

Irdinansyah mengungkapkan salah satu sarana penunjang berupa toilet, tempat berwudhu, atau yang lainnya.

“Terkadang wisatawan hal pertama yang dicari adalah toilet. Jadi saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada ibu Merry Wati (pemilik Emersia Hotel) yang telah menjadi donatur utama dalam pembangunan toilet, tempat wudhu serta galeri di Masjid Ishlah Pariangan ini,” ujarnya.

Menurutnya, Nagari Pariangan telah menjadi salah satu destinasi wisata di Tanah Datar bahkan sudah dikenal hingga mancanegara.

“Karena itu toilet yang telah dibangun ini hendaknya digunakan sebagaimana mestinya dan yang terpenting tentu kebersihan dan kenyamanan tetap terjaga dengan baik,” kata Irdinansyah.

Ia menuturkan pembangunan dalam pengembangan Nagari Pariangan sebagai salah satu tujuan wisata unggulan terutama fasilitas pendukung dilaksanakan secara bertahap.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Pariangan, imbuhnya, berdampak positif terhadap bantuan dan jumlah kunjungan wisatawan ke Nagari Tuo ini.

“Kita sedang perbaiki dan benahi jalan, sarana toilet di puncak Mortir, sehingga ke depannya wisatawan akan merasa nyaman berkunjung,” katanya.

Ia juga mengatakan di kawasan wisata Nagari Pariangan akan dilengkapi dengan pemandu wisata guna memudahkan wisatawan.

Sementara itu, Padusi Minang Indonesia melalui Merry Wati menuturkan, keinginannya membangun toilet, tempat wudhu dan galeri tersebut murni bentuk kecintaan terhadap kampung halaman.

“Semoga dengan adanya toilet yang nyaman dan bersih ini bisa menjadi modal dalam meningkatkan kunjungan wisata, karena beberapa waktu lalu, ketika saya membawa rombongan berkunjung ke sini, toilet menjadi masalah, dan alhamdulillah sekarang tidak lagi,” ujarnya.