Bupati Pessel Minta Izin Usaha Mikro Dipermudah

Bupati Pessel, Hendrajoni (Foto: humas pemkab)

Padangkita.com – Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi, maka perhatian yang lebih besar pada peran usaha mikro, kecil dan menengah perlu dilakukan penyederhanaan penyelenggaraan pelayanan perizinan terpadu.

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan pelayanan publik di bidang perizinan penanaman modal harus menjadi bagian dari penyelenggaraan perekonomian ditempatkan sebagai usaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Selanjutnya, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pembangunan ekonomi berkelanjutan, mendorong pembangunan ekonomi kerakyatan serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam suatu sistem perekonomian yang berdaya saing.

Kondisi tersebut hanya dapat dicapai apabila faktor penunjang yang menghambat iklim penanaman modal dapat diatasi.

Antara lain, melalui perbaikan koordinasi antar instansi pemerintah pusat dan daerah, menciptakan biokrasi yang efesien, kepastian hukum, biaya ekonomi yang berdaya saing tinggi, iklim yang kondusif dan keamanan.

“Dengan berbagai faktor penunjang tersebut, maka diharapkan realisasi penanaman modal kedepannnya akan membaik secara signifikan,” katanya, Senin (7/5/2018).

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Pessel, Suardi mengungkapkan, salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi adalah investasi.

Ia menambahkan, bidang pelayanan penanaman modal dan perizinan serta standar operasional prosedur perizinan perlu terus disosialisasikan kepada pihak terkait dalam hal ini walinagari, camat dan perangkat daerah lainnya.

“Hal itu dilakukan dengan harapan, mereka mengetahui dan memahami secara mendalam tentang pelayanan penanaman modal dan perizinan, sekaligus ikut menciptakan situasi yang kondusif terhadap investasi yang masuk ke daerah ini,” katanya.

Baca juga:
Kota Padang Targetkan 104 Kampung KB