Bupati Pessel Ajak Masyarakat Tidak Sebar Info Hoaks

Bupati Pessel, Hendrajoni (Foto: humas pemkab)

Padangkita.com – Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengajak masyarakat tidak menyebar informasi hoaks atau berita bohong seputar teror bom yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia beberapa hari terakhir.

“Apapun informasi yang diterima baik di lingkungan sekitar atau di media sosial harus disaring dengan memperhatikan sumber serta keakuratannya dan jangan sekali-kali menyebar informasi hoaks apalagi seputar teror bom,” katanya di Painan, Rabu.

Karena tambahnya, dampak dari kegiatan itu sangat tidak baik karena akan memperkeruh suasana dan cenderung membuat kecemasan berlebihan.

“Serahkan semua ke aparat penegak hukum karena mereka akan berupaya memastikan negara dan kita semua dalam keadaan aman, jangan berspekulasi tentang kegiatan itu,” katanya lagi.

Terkait teror bom yang dilancarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab itu, ia menilai mereka telah salah memahami konsep beragama, karena ungkapnya, tidak ada agama yang menganjurkan untuk saling-saling membunuh dan melukai.

Terkait hal itu ia mengajak agar masyarakat memahami agama secara menyeluruh sehingga tujuan mulia dari ajaran agama diketahui dan juga diamalkan secara utuh.

Selanjutnya, ia juga mengajak orang tua berperan ekstra dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya karena di era digitalisasi saat ini anak-anak bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi dan tidak menutup kemungkinan informasi itu berkaitan dengan terorisme dan radikalisme.

“Minimal dalam sehari anak-anak harus diajak berbicara seputar kegiatannya dan dari sana akan diketahui seperti apa kepribadiannya saat ini,” sebutnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan tindakan teror merupakan tanda pelaku tidak memegang nilai-nilai agama karena agama tidak mengajarkan terorisme.

“Pelaku aksi bom itu adalah orang-orang yang tidak memegangi nilai-nilai agama karena tidak ada agama manapun yang ajarkan aksi terorisme,” kata Lukman lewat keterangan tertulisnya.