Bungkam Singapura, Milla Puji Timnas U-23

Timnas U-23 (Foto: pssi.org)

Padangkita.com –Tim Nasional Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan telak dengan skor 3-0 atas Singapura dalam laga ujicoba internasional di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (21/3/2018) malam.

Laga itu juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan 50 tahun hubungan diplomasi Singapura dan Indonesia. Tiga kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Febri Haryadi, Hargianto, dan Septian David Maulana.

Pada laga tersebut, Hargianto dan kawan-kawan bermain efektif dan menarik. Permainan bola-bola pendek dan kecepatan menjadi andalan anak asuh Luis Milla Aspas ini. Sejak menit pertama hingga laga usai, Timnas U-23 memegang kendali permainan dari tuan rumah.

Febri Haryadi membuka skor 1-0 untuk Timnas U-23 pada menit ke-44. Berawal dari serangan di sisi kanan pertahanan Singapura, bola tendangan kaki kanan Febri melesat mulus ke gawang yang dikawal Zharfan. Keunggulan Indonesia 1-0 atas Singapura bertahan hingga jeda.

Lima menit setelah jeda, Garuda Muda menambah keunggulan lewat tendangan M Hargianto. Memanfaatkan umpan Febri, bola tendangan jarak jauh Hargiyanto melesat ke gawang Singapura.

Febri kembali berkontribusi pada gol ketiga timnas Indonesia. Umpan manis Febri dari sisi kiri pertahanan Singapura bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Septian David Maulana pada menit ke-65. Skor 3-0 untuk kemenangan skuat Garuda Muda bertahan hingga pertandingan usai.

Usai laga, pelatih Timnas U-23, Luis Milla mengatakan bahwa kemenangan malam itu merupakan salah satu bagian dari petualangan panjang timnya. Ia yang telah memoles Timnas Indonesia sejak awal 2017 ini juga memuji kinerja para pemain.

“Dengan gol pertama yang kita buat, membuktikan kalau kita bisa kontrol pertandingan. Kami ingin melihat progres tim. Kami bermain baik hari ini dan tim semakin berkembang namun tetap harus ditingkatkan permainannya,” kata Milla.

“Saya harap tim semakin percaya diri ke depannya. Pada laga ini Febri mengalami perkembangan yang bagus, namun saya nyatakan tidak hanya Febri saja semua pemain lain juga berkembang. Ini hasil gemblengan dari klub dan kompetisi juga. Saya harap gol tadi bisa menambah kepercayaan diri Febri. Bulan depan kami akan menjalani TC lagi dan ikut turnamen Anniversary Cup akhir April mendatang,” jelas pelatih asal Spanyol ini.

Baca juga:
Tanggapi Kekalahan SPFC, Nilmaizar: Anak-Anak Kurang Fokus

Sementara itu, kiper Timnas U-23, Awan Setho bersyukur malam ini Indonesia meraih kemenangan. Ia menyebut ini hasil yang istimewa karena dirinya baru saja berulang tahun beberapa hari lalu.

“Kemenangan ini buah dari hasil kerja keras dan fokus tim bersama selama jalannya pertandingan. Dari pemusatan latihan pertama ke pemusatan latihan yang sekarang, saya merasakan kemajuan. Saya juga melihat kawan-kawan kini lebih percaya diri ketika bermain serta permainan tampak lebih terorganisir. Kita jangan terbuai dengan kemenangan ini karena masih ada pekerjaan rumah yang harus diperbaiki,” ungkapnya.