Bungkam Ajax, MU Sukses Sapu Bersih Trofi Bergengsi Eropa

Final Piala Eropa mempertemukan MU Vs Ajax di Stockholm, Swedia. (Foto: situs resmi UEFA)

Padangkita.com – Manchester United sukses membuat sejarah baru bagi klub dengan menjuarai Liga Europa usai meraih kemenangan 2-0 atas Ajax Amsterdam di laga final, Kamis dinihari (25/5/20117).

Bermain di Friends Arena, Stockholm, Swedia, anak asuh Jose Mourinho unggul lebih dulu lewat gol Paul Pogba di menit 18′. Henrikh Mkhitaryan menggandakan keunggulan ‘Setan Merah’ di menit 48. Kemenangan ini menjadikan MU sebagai klub asal Inggris yang melanjutkan dominasi di Liga Europa.

Ini merupakan kali pertama ‘Setan Merah’ meraih gelar Liga Europa dan melengkapi pencapaian sukses raksasa Inggris di Eropa. Kesuksesan ini membuat MU sukses lolos ke Liga Champions musim depan.

Dilansir situs resmi UEFA, keberhasilan MU mengandaskan skuat muda Ajax Amsterdam–starting XI termuda yang pernah tampil di final Liga Europa–menjadi sejarah baru bagi klub. MU menjadi salah satu klub yang mampu menyapu bersih trofi bergengsi di Benua Biru: Liga Champions, Liga Europa/Piala UEFA, dan Piala Winners.

Liga Champions pertama diraih klub pada musim 1967/1968 saat ditangani Sir Matt Busby. Tradisi ini berlanjut di musim 1998/1999, dan 2007/2008 saat MU ditangani Sir Alex Ferguson. Ferguson juga membawa ‘Setan Merah’ mengangkat Piala Winners di musim 1990/1991.

Liga Europa direngkuh Setan Merah bersama The Spesial One musim 2016/2017 dengan mengandaskan Ajax.

Catatan ini menjadikan MU sebagai tim kelima yang menyapu bersih gelar eropa. Hal serupa dilakukan Ajax Amsterdam, Bayer Munich, Juventus, dan Chelsea.

Baca juga:
“Menu” Jepang Pada TC Timnas U-16