Bulog Jamin Stok Beras Mencukupi Selama Ramadan

Gudang Bulog (Foto: dok padangkita)

PadangKita – Perusahan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) menjamin ketersediaan stok beras dan gula selama bulan ramadhan di Sumatera Barat.

Kepala Perum Bulog Divre Sumbar Benhur Nkaimi mengatakan stok beras saat ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa dan lebaran.

“Stok sekarang 20.000 ton, untuk kebutuhan lima bulan. Tidak hanya bulan puasa, sampai setelahnya. Dalam waktu dekat juga akan datang lagi 3.000 ton,” katanya, Jumat (7/4/2017).

Ia menuturkan Bulog menjamin pasokan beras di daerah itu tidak terkendala, karena proses distribusi untuk bulan berikutnya ke daerah sudah dilakukan sejak jauh hari.

Bahkan, untuk daerah terluar seperti Kabupaten Kepulauan Mentawai, Bulog berencana membangun gudang distribusi berkapasitas 500 ton, sehingga memudahkan distribusi beras di daerah itu.

Selain beras, Bulog juga memastikan pasokan gula tersedia selama bulan ramadan hingga usai lebaran, dan didistribusikan melalui 400 unit toko Sahabat Tani sebagai mitra Bulog  yang tersebar di seluruh Sumbar.

“Untuk Kota Padang ada 170 toko Sahabat Tani, kami kerjasama dengan koperasi dan UMKM yang dijadikan toko Sahabat Tani untuk menyalurkan beras dan gula,” katanya.

Bulog menargetkan tahun ini, jumlah toko Sahabat Tani yang menjadi mitra perusahaan plat merah di bidang logistik itu mencapai 1.000 unit, dengan penyebaran di berbagai pelosok daerah.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan Bulog dan tim pengendalian inflasi daerah (TPID) guna memastikan kebutuhan pangan terpenuhi selama bulan ramadan.

“Kebutuhan terpenuhi, dan harganya stabil. Untuk gula, sudah melalui Bulog. Juga kita kerjasama dengan Minang Mart untuk memasok gula,” katanya.

Selain itu, Irwan menyatakan komoditas yang paling dominan menyebabkan inflasi seperti cabai merah juga dijual  di gerai Minang Mart, sehingga harga di pasaran menjadi lebih terkendali.

Bulog, katanya, juga mulai menyerap produksi cabai petani untuk dijual kembali ketika pasokan di pasar dinilai berkurang.

 

Baca juga:
Kuartal Pertama 2017, Laba Danamon Rp1 Triliun