BPBD Pessel Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

Ilustrasi air besar di Sungai (Foto: Ist)

Padangkita.com – Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak anamoli cuaca yang terjadi belakangan ini.

Kepala BPBD Pesisir Selatan, Herman Budiarto mengatakan, perkiraan anamoli cuaca yang terjadi diakhir tahun ini cukup terbilang panjang. Karena cuaca akhir ini telah memasuki musim hujan.

“Anomali cuaca ini, diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah di Persisir Selatan. Terutama di pesisir pantai, BPBD Pessel menghimbau agar masyarakat bisa waspada,” sebut Herman Budiarto dikutip dari pesisirselatankab, Jumat (05/10/2018).

Dia menjelaskan, terkait buruknya perkiraan anamoli cuaca yang terjadi dipenghujung akhir tahun ini, pihak telah mensiagakan personel BPBD jika terjadi bencana sewaktu-waktu.

“Kita, dari BPBD Pessel selalu siaga, terutama untuk tim SAR dan Tagana, serta KSB di Kecamatan. Jika ada laporan, maka akan segera ke lapangan,” terangnya.

Menurut, beberapa titik daerah yang terdampak anomali cuaca belakangan ini, diantaranya Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, dan Batang Kapas. Bencana yang terjadi didominasi, longsor, banjir serta abarasi pantai.

“Dari laporan sementara itu tidak ada korban jiwa, hanya ada sejumblah rumah warga yang terkenah abrasi pantai dan tanah longsor,” jelasnya.

Baca juga:
Baznas Padang Salurkan Dana Pendidikan Rp1.6 Miliar