BPBD Kota Padang Gelar Simulasi SAR di Pessel

Simulasi bencana gempa dan tsunami di Kota Padang. (Foto: dok. padangkita.com)

Padangkita.com – Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menggelar pelatihan simulasi SAR di Pelabuhan Panasahan Painan. Kegiatan ini yang diikuti sebanyak 120 orang peserta, terdiri dari Tim TRC, SAR, BPBD Pessel, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kelompok Siaga Bencana (KSB), Tagana, Damkar, Pol Air, Satpol PP, Selasa (04/09/2018).

Kepala Operasi dan Kesiapsiagaan Kantor SAR kota Padang, Edy. H, mengatakan kegiatan simulasi pencarian dan pertolongan Latihan SAR Daerah Tahun 2018 dilaksanakan selama tiga hari, dari hari ini Selasa – Kamis (06/09/2018) lusa.

Ada beberapa materi pada simulasi kali ini, simulasi didarat dan dilaut untuk pencarian dan pertolongan masyarakat yang menjadi korban gempa. Oleh Tim Reaksi Cepat ( TRC) dan Tim Rescue ( SAR), baik pasca gempa dan pemulihaan.

“Kita kerahkan kekuatan penuh dan kendaraan operasional lapangan, termasuk anjing pelacak,” katanya dikutip dari humas.

Diharapkan dengan pelatihan simulasi pencarian dan pertolongan bisa menambah keahlian dan ketangkasan tim TRC, responsif dalam melakukan penanganan bencana.

Sementara itu, Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pessel Herman Budiarto sangat menyambut positif kegiatan simulasi penanganan korban bencana, pencarian dan pertolongan oleh SAR Kota Padang di pelabuhan Panasahan,

“Kita, mintak seluruh jajaranya BPBD, KSB,TAGANA, bisa mengikuti acara ini, ambil ilmu positif dari para pelatih,” tegasnya.

Baca juga:
Ramadan, Konsumsi BBM dan Avtur di Sumbar Diperkirakan Meningkat