BMKG Prediksi Hujan Guyur Sumbar 3 Hari ke Depan

Padangkita.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat masih akan mengguyur Sumatera Barat dalam beberapa hari ke depan, Senin (04/12/2017). Suhu di Sumatera Barat diperkirakan mencapai 18-30 derajat Celcius dengan kelembapan 75-100 persen.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Padang Pariaman, Budi Iman Samiaji menyatakan beberapa wilayah di Sumatera Barat berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada malam hingga dini hari. Potensi tersebut diperkirakan terjadi di wilayah Pasaman Barat, Padang, Padang Pariaman, Pariaman, dan Padangpanjang.

“Potensi hujan di Sumbar masih akan terjadi dalam 3 hari kedepan mulai hari ini, Senin-Rabu (04-06/12/2017),” katanya dalam rilis yang diterima Padangkita.com, Senin (04/12/2017).

Pada hari Senin pagi, menurut BMKG, hujan dengan kapasitas sedang akan terjadi di Padang, dan Kep. Mentawai. Sedangkan Hujan Ringan berpotensi terjadi di Pasaman Barat, Padang Pariaman, Pariaman, Padangpanjang, Pesisir Selatan, Agam, dan Pasaman.

Sedangkan pada malam hari, hujan sedang berpotensi terjadi di Pasaman Barat, Padang Pariaman, Pariaman, Padangpanjang; Berpotensi Hujan Ringan di Padang, Solok, Bukittinggi, Kep. Mentawai, Pasaman, dan Agam.

Pada Senin dini hari, hujan sedang berpotensi terjadi di Padang, Padang Pariaman, dan Padangpanjang. Hujan ringan berpotensi terjadi di Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Pariaman, Pesisir Selatan, Pasaman, dan Agam.

“Awan-awan hujan terpantau di Siberut, Sipora,Kota Pariaman (berpotensi meluas ke ulakan,Tapakis,Bandara BIM,Padang bag utara),Padang Panjang,Malalak,Tanah Datar (Batipuh),Tiku,arah barat Pesisir Selatan (berpotensi meluas ke Painan,Tarusan,Air Haji,Kambang,Lunang Silaut),” jelasnya.

Sementara itu, Awan awan hujan di Pesisir Selatan diperkirakan terjadi merata, Sipora, Perairan Padang Mentawai (20 km arah Bandara BIM, Ulakan, Tapakis), Kota Pariaman, Tiku, Tandikat, Padangpanjang, Kayu Tanam, Lembah Anai, 30 km arah barat Pasaman Barat bagian pesisir.

Sementara itu di Padang awan-awan hujan diperkirakan terjadi di teluk kabung,teluk Bayur, Lubeg, Pondok, Padang utara/batas kota dan sekitarnya potensi meluas ke Lubuk Paraku, Limau Manis, By pass, Kuranji dan sekitarnya.