BMKG Perkirakan Hujan Akan Mengguyur Hingga Nanti Malam

Padangkita.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat memprediksi hujan lebat masih akan mengguyur sebagian besar wilayah Sumbar hingga nanti malam.

“Perkiraannya, hujan masih akan turun hingga malam, namun intensitasnya sudah mulai berkurang,” kata Budi Samiadji, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Rabu (31/5/2017).

Ia menuturkan sekitar 80 persen wilayah Sumbar akan diguyur hujan dengan intensitas ringan dan sedang. Yakni Kota Padang, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Pasaman Barat, Agam, Tanah Datar, Kota Padang Panjang, dan Pesisir Selatan.

Selanjutnya, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kepulauan Mentawai, Limapulu Kota, Sijunjung, dan Dharmasraya. Hujan diperkirakan juga meluas ke sebagian wilayah Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, dan Solok Selatan.

Budi mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir dan potensi longsor di daerah rawan bencana, seperti di kawasan Malalak, Palupuah, Lembah Anai, dan Setinjau Laut.

“Dari gambaran satelit, hunannya reda-lebat lagi-reda lagi,” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Edi Hasyimi menyebutkan, hampir semua pusat kota digenangi banjir. “Banjir terjadi di Padang Utara, Padang Timur, Padang Selatan, Padang Barat, Koto Tangah, dan Lubuk Begalung,” cerita Edi, Rabu (31/05/2017).

Ia mengatakan lokasi terparah dilanda banjir adalah Jondul Rawang. Saat ini, sebagian ketinggian air sudah sekitar dada orang dewasa. Sebagian penduduk sudah mengungsi.

Baca juga:
Berikut Tanggal Libur dan Cuti Bersama Tahun 2018