BI Minta Warga Jangan Tukarkan Uang di Pinggir Jalan

Rupiah baru emisi 2016 (Foto: Kitterypta)

Padangkita.com – Bank Indonesia mengingatkan masyarakat agar jangan menukarkan uang di pinggir jalan untuk kebutuhan Lebaran.

“Kami minta tukarkan di lokasi-lokasi penukaran resmi, sehingga ini juga mengantisipasi peredaran uang palsu,” kata Puji Atmoko, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, Rabu (7/6/2017).

Ia mengatakan tradisi manambang atau berbagi uang kepada sanak famili saat Lebaran di Sumbar, ikut meningkatkan permintaan masyarakat akan kebutuhan uang baru.

Sehingga, BI menyiapkan fasilitas penukaran di sejumlah titik dan menyiapkan cadangan uang dalam jumlah besar untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Ia menuturkan penukaran uang sudah bisa dilakukan sejak 5-20 Juni 2017 melalui loket resmi di area parkir Kantor BI Sumbar pada pukul 8.30 WIB – 13.00 WIB setiap hari kerja.

Selain itu, penukaran juga dilakukan melalui kas keliling BI di Jembatan Siti Nurbaya, Taman Melati, Sawahan, Ampang Kalawi, dan BIM.

Sedangkan untuk di luar kota Padang, penukaran dilakukan di alun-alun Kota Solok, Kota Pariaman, Pelataran Jam Gadang, Kota Bukittinggi, dan halaman Kantor Bupati Lama Limapuluh Kota di Payakumbuh.

Puji menyebutkan penukaran tidak hanya dilakukan di kantor BI dan kas keliling BI di seluruh Sumbar, tetapi juga melalui kantor perbankan di daerah itu.

Tahun ini, BI Sumbar menyiapkan uang baru sebanyak Rp3,4 triliun atau meningkat sekitar 12 persen dari permintaan tahun lalu.