Berorientasi Ekspor, Begini Ingin Mahyeldi Soal Produk UMKM Padang

Produk UMKM (Foto: Kemendagri.go.id)

Padangkita.com – Produk makanan olahan dari Sumatra Barat, khususnya Kota Padang yang dihasilkan dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sudah tidak diragukan lagi rasa dan kualitasnya.

Namun, untuk bersaing di pasar lebih luas, tentu jaminan rasa saja tidak cukup, perlu tampilan kemasan yang menarik.

“Kalau untuk rasa tidak kita khawatirkan, tinggal kemasannya lagi,” kata Walikota Padang Mahyeldi Ansaharullah saat temu usaha kemitraan UKM se Kota Padang, Selasa (29/8/2017).

Menurutnya, sudah saatnya produk UMKM dari Sumbar, khusunya Padang berorientasi ekspor, karena kualitas rasa dan potensi pasar luar negerinya juga sangat besar.

Ia punya mimpi agar produk UMKM daerahnya masuk ke pasar ekspor yang luas. Mahyeldi mengatakan ada sejumlah negara potensial untuk memasarkan produk UMKM, seperti Arab Saudi, India, Malaysia, dan negara lainnya.

“Untuk bermain di situ, kita harus bisa memastikan suplainya terjaga,” lanjutnya.

Soal kemasan, Mahyeldi punya cerita menarik. Saat kunjungan ke China beberapa waktu lalu, ia mendapatkan bingkisan dari pemerintah setempat.

Bungkusannya yang menarik membuat orang nomor satu di Kota Padnag ini ingin menenteng terus bingkisan tersebut hingga sampai ke Tanah Air.

“Kotaknya bagus, tentu saya ingin bawa terus hingga tiba di Padang,” katanya.

Sesampai di rumah, Mahyeldi segera membuka isi bingkisan tersebut. Di dalam kotak itu terdapat empat buah kaleng. Kalengnya pun bagus. Cara membukanya pun sulit karena menggunakan magnet. Setelah dibuka, ternyata isinya hanya teh.

“Karena tampilannya cukup bagus, orang jadi suka. Jadi tidak hanya rasanya, juga kembangkan kemasannya,” ujar Mahyeldi.

Baca juga:
BRI Gandeng Go-Pay Perluas Layanan Perbankan