Begini Fiqih Wanita dalam Puasa

Pengurus Salimah Kota Padang foto bersama dengan pemateri Tabligh Akbar Uztad Taufik Qulazhar (Foto: Ist)

Padangkita.com – Tabligh akbar Persaudaraan Muslimah (Salimah) jelang ramadhan ini, Sabtu (5/5), mengusung tema “Fiqh Wanita dalam Puasa”. Pemateri membahas seputar masalah puasa bagi muslimah yang haidh, hamil, menyusui dan lansia.

Tema ini diangkat mengingat banyaknya muslimah yang masih bingung bagaimana bersikap ketika berada dalam kondisi haid, menyusui, lansia dan berbagai fitrah keperempuanan lainnya, yang datang saat menjalankan ibadah ramadhan.

“Masih banyak dari muslimah yang gagap bagaimana agar amalan di bulan ramadhan tetap optimal meski sedang berhalangan,” terang papar ketua PD Salimah Kota Padang, Nova Riyanti Melza.

Tabligh akbar yang dilaksanakan Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kota Padang bekerjasama dengan pengurus Masjid Agung Nurul Iman diadaksn di aula Masjid Agung Nurul Iman Padang.

Pemateru, Ustadz DR. Taufik Qulazhar H. Lc., MA, M.Ed., Doktor lulusan di bidang fiqh Universitas Omdurman Sudan, menyampaikan, kaum muslimah harus hati-hati dengan fenomena puasa yang tidak bernilai di sisi Allah. Banyak umat islam yang bermaksiat tanpa sadar di bulan ramadhan. “Puasa dikakukan, tapi aurat masih terbuka, ghibah masih jalan.”

Ustadz melanjutkan, alumni ramadhan hanya ada dua. Pertama dosa diampuni, yang kedua terhina, dosa tidak diampuni. Ustadz juga memberikan tips bagaimana agar tetap maksimal beribadah meski dalam keadaan berhalangan.

Peserta Tabligh Akbar, Yuni (26),  mengaku sangat senang mendapat banyak ilmu setelah mendengarkan pemaparan dari ustadz. “Alhamdulillah, biasanya memang suka galau kalau ramadhan, haid datang dan lama, tidak bisa maksimal ibadah tapi ternyata kita bisa memaksimalkan ibadah lain selain puasa dan shalat,” paparnya antusias.

Tabligh akbar juga dimeriahkan dengan stand bazar berbagai produk seperti kurma, pakaian anak, parfum, pakaian muslimah dan masih banyak lagi.

“Adanya stand bazar ini diharapkan mampu memupuk jiwa entrepreneur muslimah,” ujar Ketua PD Salimah Kota Padang, Nova, lagi.

Nova berharap tabligh akbar tersebut dapat memberi sumbangan agar ramadhan para peserta yang hadir lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga:
Teater Salembayung Pentaskan Situs Tubuh di KABA Festival