Begini Cara Pesisir Selatan Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Pantai Carocok (Foto: Humas)

Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara disetiap tahunnya.

Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, memiliki sejumlah objek wisata unggulan maupun yang sedang dikembangkan. Wisatata unggulan Pessel diantaranya Pantai carocok, Pulau Cubadak, jembatan akar dan lain sebagainya.

Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni mengatakan untuk bisa merealisasikan hal tersebut maka pengelolaan sumber daya alam (kawasan) dan sumber daya manusia (pengelola) harus terus ditingkatkan, baik kuantitas maupun kualitasnya.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kawasan dan lingkungan di objek-objek wisata yang ada bisa selalu terjaga kebersihan dan keasriannya. Begitu juga dengan sarana dan prasarana yang ada, harus terpelihara agar tidak cepat rusak dan bertahan lama.

“Hal ini untuk meningkatkan kunjungan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan objek wisata,” katanya.

Menurutnya, pelaku (pengelola) wisata dan masyarakat harus paham dengan konsep tersebut, jika pariwisata maju dan berkembang maka masyarakat juga yang akan mendapat manfaatnya.

“Kemajuan pariwisata di sebuah daerah akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan juga meningkatkan pendapatan daerah,” lanjutnya.

Bupati juga meminta, para pengelola di tempat-tempat wisata untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi wisatwan yang berkunjung. Sikap ramah tamah dari pengelolan tempat wisata diyakni akan menarik simpati dari para wisatawan untuk terus berkunjung.

“Hal itu sudah mulai dirasakan. Contohnya di kawasan Pantai Carocok, diprediksi 100 ribu orang mengunjungi tempat wisata tersebut selama laberan tahun ini,” jelasnya

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan terus melakukan penyuluhan sadar wisata dan hal ini akan dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Tujuannya penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pelaku wisata dan masyarakat dalam menjaga lingkungan dan peningkatan kualitas pelayanan terhadap para wisatawan yang berkunjung.

“Melalui sosialisasi diharapkan pelaku wisata dan masyarakat memiliki pengetahuan yang luas tentang mengelola pariwisata, usaha pariwisata dan daya tarik wisata. Semua itu bertujuan agar pariwisata mampu memberikan harapan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat di daerah ini,” tutupnya, seperti dilansir dari situs pemkab.

BAGIKAN