Begini Cara Diet Penderita Asam Lambung yang Harus Diketahui

Padangkita.com – Siapa bilang penderita sakit lambung tidak bisa melakukan diet? Penderita penyakit lambung bisa melakukan hal tersebut seperti mereka yang tidak menderita penyakit itu.

Untuk diketahui, sakit lambung atau penyakit asam lambung disebabkan karena naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Saat asam lambung terseut naik, perut akan terasa mual, nyeri bahkan bisa menyebabkan muntah-muntah.

Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, Muliaman Mansyur mengatakan bahwa penderita penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) tetap bisa melakukan diet.

Menurutnya, diet bagi para penderita asalm lambung asal memperhatikan beberapa hal berikut ini. Pertama perhatikan pemberian makanan ringan atau snak.

“Penderita sakit lambung boleh diet kok. Yang pasti, pemberian snack (camilan ringan) harus diperhatikan,” jelas Muliaman dikutipd ari liputan6, Selasa (07/08/2018).

Dia menjelaskan bahwa jadwal pemberian snack, yakni di antara jam makan besar. Dalam sehari bisa lima kali pemberian snack dilakukan. Upaya ini mencegah asam lambung tidak naik.

Makan Tiga Kali Sehari

Muliaman juga menjelaskan, trik mencegah obesitas (kelebihan berat badan). Trik ini pun berlaku bagi orang yang sakit asam lambung.

“Jaga kalori tetap terkontrol. Prinsipnya makan tiga kali sehari. Sarapan, makan siang, dan makan malam. Kalau tidak bisa makan malam, boleh ditarik lebih cepat dengan makan sore,” ujar Muliaman.

Ketercukupan gizi makan perlu diperhatikan. Kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral harus seimbang.

Baca juga:
PIOMFest Jadi Cikal Bakal Perkembangan Musik di Kota Padang