BAZ Pessel Targetkan Rp7.2 Miliar Tahun 2019

Padangkita.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan (pessel) menargetkan pengumpulan zakat, infak dan sedekah tahun 2019 sebesar Rp 7,2 miliar.

Ketua Baznas Pessel, Yuspardi mengatakan, target pengumpulan zakat, infak dan sedekah tersebut naik dari tahun sebelumnya yang  hanya sebesar Rp 5 miliar.

“Dari target tahun 2019 tadi, Baznas akan menyalurkannya sebanyak 40 persen untuk program kemanusian. Kemudian sebanyak 60 persen dari target tersebut akan disalurkan untuk program ekonomi, pendidikan, kesehatan dan dakwah,”  katanya dikutip dari pesisirselatankab, Kamis (25/10/2018).

Dikatakan, kegiatan prioritas yang direncanakan dalam Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) tahun 2019 Baznas Pesisir Selatan seperti tahun sebelumnya yakni bantuan dana bedah rumah bagi keluarga miskin khususnya rumah tidak layak huni.

Untuk kegiatan itu Baznas akan menyalurkan dana zakat sebesar Rp 2,045 miliar. Sementara dari target Rp 5 miliar tahun ini, Baznas setempat telah berhasil mengumpulkan zakat dari para Muzakki sebesar Rp 5,3 miliar hingga akhir September 2018.

Sedangkan pada tahun 2017 lalu, Baznas Pesisir Selatan berhasil mengumpulkan zakat, infak dan sedekah sebesar Rp 6,8 miliar. Ia menambahkan, rumah tidak layak huni yang mendapat bantuan dari penyaluran zakat tahun 2018 sebanyak 172 unit, tersebar di 15 kecamatan yg ada.

“Kita terus berupaya meningkatkan kinerja agar target pengumpulan zakat, infak dan sedekah tahun 2019 mendatang dapat tercapai, jika perlu melebihi target. Tentu kita memberikan sosialisasi kepada seluruh umat muslim bahwa menunaikan zakat adalah kewajiban,” ulasnya.

Baca juga:
Pemko Padang Serah Bantuan Dana ke Lombok