Banjir di Tapan, Bupati Minta Petugas Lakukan Pendataan

Materal longsor di ruas jalan di kawasan Jembatan Babuai Kelurahan Mato Aie, Padang Selatan, Rabu (31-05-2017). Foto Aidil S

Padangkita.com – Bupati  Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni mengintruksikan aparat terkait untuk segera mengambil tindakan menangani dampak banjir Nagari Binjai, Ranah Ampek Hulu Tapan. Menurutnya, rumah masyarakat yang rusak akibat banjir akan segera dibedah. Oleh karena perangkat daerah terkait segera melakukan pendataan di lapangan.

Bupati menambahkan, mengingat intensitas dan curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir para petugas dan aparat terkait di lapangan untuk tetap siaga.

“Kepada aparat terkait untuk tetap siaga karena potensi hujan yang masih akan terjadi. Selain itu, dihimbau kepada masyarakat untuk juga tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang bisa saja terjadi,” katanya dikutip dari pesisirselatankab, Jumat (02/11/2018).

Kepala BPBD Pesisir Selatan, Herman Budiarto dan anggota langsung menuju lokasi  untuk melakukan tindakan evakuasi, sekaligus melakukan pendataan kerusakan rumah warga dan infrastruktur lainnya.

Menurut Herman Budiarto, ketinggian air yang mencapai 1,5 meter  merendam sebagian rumah warga di Nagari Binjai, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan sehingga diperlukan upaya evakuasi ke lokasi yang lebih aman.

“Masyarakat terdampak secara mandiri sudah melakukan evakuasi dan petugas melakukan upaya bantuan” sebutnya, didampingi Camat Rahul Tapan, Mar Alamsyah, S.S.T.P., M.Sc.

Herman juga sudah melaporkan terkait 1 rumah warga atas nama Magdalena yang rusak berat akibat banjir tersebut.

Ia membenarkan bahwa Bupati Hendrajoni telah mengintruksikan aparat terkait untuk segera mengambil tindakan segera sehingga masyarakat korban banjir segera terbantu. Sedangkan rumah yang rusak akan segera dibedah, sebutnya.

Intensitas dan curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir untuk itu bupati meminta aparat terkait dilapangan untuk siaga karena potensi hujan yang masih akan terjadi, ucapnya.

Baca juga:
Tidak Hanya Pemberantasan, Pencegahan Korupsi Juga Harus Jadi Perhatian