Bahaya Meletakan Ponsel di Atas Tempat Tidur

Padangkita.com – Aktivitas menggunakan telepon genggam atau ponsel (handphone) terjadi dimana saja dan kapan saja. Mulai dari bangun pagi hingga menjelang tidur, orang-orang tidak pernah lepas dari ponsel mereka. Namun tahukah anda, dampak menggunakan
dan meletakan telepon genggam di atas tempat tidur?.

Ponsel jenis apapun mengeluarkan radiasi elektromagnetik. Radiasinya mampu mempengaruhi kualitas tidur. Selain itu, radiasi juga menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot Anda tidak maksimal.

Dikutip dari berbagai sumber, banyak hal negatif yang dapat ditimbulkan saat kita meletakan ponsel di atas kasur saat hendak beristirahat di malam hari diantaranya adalah:

1. Ponsel Bikin Tidur Tak Nyenyak
Cahaya biru pada ponsel membuat hormon melatonin yang dapat menyebabkan seseorang mengantuk dan tertidur menjadi terhambat.

Akhirnya, seseorang tidak bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak. cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel membuat tubuh kita berpikir seolah-olah hari masih siang, padahal hari sudah larut malam.

Sehingga ada baiknya, 2 jam sebelum tidur sebaiknya anda mematikan semua perangkat elektronik yang anda miliki. Mulai dari TV, laptop, dan tentunya ponsel.

2. Dapat menyebabkan kanker
Percaya atau tidak, radiasi telepon genggam berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Salah satunya dapat menyebabkan penyakit
kanker.

Menurut penelitian, radiasi yang dikeluarkan oleh telepon genggam dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi tidak terkendali.

Sel yang tumbuh secara tidak normal ini pada akhirnya menyerang jaringan terdekat yang secara rutin bersentuhan langsung dengan ponsel, seperti kulit dan telingga. Disanalah penyakit kanker tersebut bermula.

Jadi tidak ada salahnya meletakkan telepon genggam jauh dari kasur atau tempat tidur untuk mengantisipasi hal tersebut.

3. Radiasi Ponsel dapat Sebabkan Tumor Otak
Salah satu penyebab tumor otak adalah radiasi ponsel yang anda miliki. Hal tersebut dikarenakan terbentuknya neoplasma dan pembaruan atau perbaikan sel yang tidak wajar.

Tumor otak biasanya menyerang orang-orang di usia produktif. Namun saat ini, tumor otak juga dapat menyerang anak-anak. Sehingga waspadailah anak-anak anda dalam menggunakan ponsel.

Baca juga:
Antisipasi Penyakit Menular, Pessel Lakukan Pemetaan Lingkungan

4. Ponsel dapat Membuat Bantal terbakar
Ini boleh percaya atau tidak. Ponsel ternyata dapat membakar bantal yang anda tiduri. Contoh kasusnya terjadi di Amerika Serikat. Anak muda di sana meletakkan ponselnya di bawah bantal sehingga menyebabkan ponselnya meleleh karena kepanasan.

Ponsel tersebut akhirnya membakar bantal dan kasur tempat anak muda itu tidur.