Asah Kreativitas Mahasiswa, FBS UNP Helat Festival Sastra

Salah satu peserta Festival Mursal Esten sedang membacakan puisi, Jumat (10/11/2017). Foto: J. Sastra

Padangkita.com – Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (Basindoda) Universitas Negeri Padang mengadakan Festival Sastra Mursal Esten, Jumat-Sabtu (10-11/11/2017). Festival yang sudah memasuki tahun kedua itu digelar di Fakultas Bahasa dan Seni UNP dan diikuti oleh 242 peserta dari empat program studi di Jurusan Basindoda.

Ketua Panitia Festival Yeni Hayati mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengasah kreativitas mahasiswa di bidang bahasa dan sastra. Menurut Yeni, mahasiswa membutuhkan tempat untuk mengembangkan bakatnya, salah satunya adalah melalui lomba ini. Setelah mengikutinya, diharapkan mahasiswa lebih siap mengikuti kompetisi untuk tingkat yang lebih tinggi.

Ada sembilan cabang lomba yang diperlombakan, yaitu lomba baca puisi, penulisan puisi, pewara, berbalas pantun, debat, penulisan cerita pendek, penulisan esai, monolog, dan mendongeng.

Ketua Jurusan Basindo Emidar menambahkan kegiatan ini merupakan wahana bagi mahasiswa untuk mengekspresikan seni berbahasa. Selain itu, juga sebagai ajang memperdalam dan memperkuat kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi mereka sendiri, yakni bahasa dan sastra Indonesia.

Emidar menjelaskan tujuan pelaksanaan lomba, antara lain untuk mengenang tokoh nasional Mursal Esten yang berasal dari Jurusan Basindoda, mendorong dan mengembangkan potensi mahasiswa di bidang bahasa dan sastra, dan meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam mahasiswa memajukan seni berbahasa dan sastra.

“Mursal Esten adalah dosen senior di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Beliau seorang kritikus sastra nasional dan karyanya banyak dipublikasikan baik di tingkat nasional maupun internasional. Melalui festival ini kita ingin mengapresiasi apa yang telah beliau lakukan,” ujar Ketua Jurusan.

Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni UNP Ermanto sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap pada tahun-tahun berikutnya ruang lingkup festival bisa diperluas mulai dari tingkat kota, provinsi, regional, bahkan hingga nasional.

BAGIKAN