Anies Baswedan: Sumbar Gudangnya Pahlawan dan Ulama di Indonesia

Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah dan Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan (Foto: Humas Pemko)

Padangkita.com – Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menyatakan Ranah Minang atau Sumatera Barat sebagai gudangnya pahlawan dan ulama di Indonesia.

“Minang (Sumatera Barat) adalah provinsi dengan jumlah pahlawan dan ulama terbanyak di Indonesia,” kata Anies Baswedan.

Apa yang disampaikan Anies Baswedan bukan tanpa alasan. Anies sempat menceritakan sejarah perkembangan pendidikan Islam di Minang.

“Di Minang, terdapat sekolah Islam khusus perempuan bernama Dinniyah Putri Padangpanjang,” sebut Anies.

Dikatakannya, di sekolah Dinniyah Putri Padangpanjang, perempuan diajarkan berbagai bidang ilmu seperti bahasa arab, Alquran dan hadis, serta sebahagian peserta didiknya dahulu berbahasa Belanda.

Diceritakan Anies, pada tahun 1955 silam, Dinniyah Putri Padangpanjang sempat kedatangan rektor Universitas Al Azhar Abdurrahman Taj. Kedatangan rektor ini dibawa Perdana Menteri Muhammad Natsir ketika itu.

“Saat di Dinniyah Putri, rektor Universitas Al Azhar mengundang pendiri Dinniyah Putri, Rahmah Al Yunusiyyah untuk hadir di Universitas Al Azhar,” papar Anies. Senin, 08/05/2017.

Setahun kemudian, Rahmah Al Yunusiyyah menyanggupi undangan tersebut dan hadir di Universitas Al Azhar.

“Saat itu Rahmah Al Yunusiyyah menjadi pelopor program perempuan pertama dalam sejarah universitas tertua Al Azhar,” ujar Anies.

Seperti diketahui, sekolah Dinniyah Putri Padangpanjang tidak hanya memberikan pelajaran agama maupun umum, tetapi juga mengajarkan berbagai keterampilan yang diperlukan oleh seorang muslimah sebagai ibu yang mandiri.

Maka ketika Rektor Universitas Al-Azhar Abdurrahman Taj berkunjung ke Diniyyah Putri pada 1955, beliau tertarik dengan sistem pembelajaran khusus yang diterapkan disana dan menginspirasinya untuk mendirikan Kuliyyatul-Lil-Banat (kampus Al-Azhar khusus putri) di Universitas Al-Azhar. Dan Rahmah pun dinobatkan sebagai Syaikhah (Guru Besar Wanita) pertama dari Universitas Al-Azhar, seperti dilansir dari laman resmi facebook pemko Padang.

Baca juga:
Pemerintah Siapkan 1.255 Kapal untuk Mudik Lebaran