Anak Berusia 8 Tahun Imami Shalat Tarawih di Masjid Agung Nurul Iman Padang

Foto: Humas Pemko Padang

Padangkita.com – Ada yang spesial pada pelaksanaan shalat tarawih di Masjid Agung Nurul Iman, Padang, Minggu (11/6). Shalat tarawih dan witir pada saat malam keenam belas Ramadan diimami Ahmad “Si Mesin Pencari Alquran”.

Ahmad masih berusia 8 tahun, tapi hampir tak ada cela saat membacakan ayat Alquran. Sebelas rakaat dilewatinya dengan sempurna.

Ahmad tidak nampak canggung sedikitpun saat menjadi imam shalat tarawih. Padahal, di belakangnya berdiri di antaranya Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Kakankemenag Padang Japeri, dan lainnya, sebagai makmum.

Suara Ahmad cukup lantang dan merdu.

Shalat tarawih di Masjid Agung Nurul Iman kali ini memang nampak berbeda dari malam sebelumnya. Kali ini masjid terlihat penuh. Seluruh syaf terisi oleh jemaah. Begitu juga di barisan wanita. Apalagi pada malam itu juga diperingati Nuzul Quran.

Cukup banyak jemaah yang terkesima dengan kehadiran dua hafizh cilik Ahmad dan Kamil di Masjid Agung Nurul Iman. Apalagi dengan tampilnya Ahmad sebagai imam shalat tarawih.

“Lancar sekali bacaannya,” celetuk Andri, seorang jemaah shalat tarawih.

Sementara Ketua Pengurus Masjid Agung Nurul Iman Mulyadi Muslim menyebut Ahmad termasuk hafizh yang memiliki bacaan yang baik dan benar. Apalagi Ahmad memiliki hafalan Alquran yang lengkap.

“Ahmad kita tunjuk sebagai imam shalat karena memiliki hafalan Alquran yang cukup banyak dan bacaannya baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid dan makhroj huruf,” terang Mulyadi.

Seperti diketahui, cukup banyak anak kecil yang pernah menjadi imam shalat. Pada zaman Nabi Muhammad SAW juga ada anak kecil bernama ‘Amr bin Salamah radhiyallahu ‘anhu yang menjadi imam shalat berjamaah.

Padahal waktu itu usianya sekitar tujuh tahun. Dan tidak ada ayat Alquran maupun hadits Nabi yang melarangnya.

Baca juga:
Walikota Mahyeldi Sambut APEC Seminar Disaster Risk Financing di Padang