“Ambulans” Jazz Gratis ala Ujang si Kepala Jorong

Ujang si Kepala Jorong saat ditemui Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi (24/7/2017). Jazz biru miliknya difungsikan sebagai ambulans gratis untuk warga. (Foto:Ist)

Padangkita.com – Kesulitan mendapatkan layanan ambulans yang selama ini dirasakan warga Jorong Panjaringan, Kenagarian Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, kini mulai teratasi.

Sang Kepala Jorong, Ujang (55) menghibahkan mobilnya untuk difungsikan sebagai “ambulans” untuk warga. Mobil jenis Honda Jazz itu bahkan telah diberi tulisan “ Ambulance Siaga Jorong Panjaringan ”.

Menurut Ujang, ia menghibahkan mobil pribadinya, karena selama ini warga yang dalam kondisi darurat, sulit diantar ke Puskesmas maupun rumah sakit.

“Jam berapa pun masyarakat minta tolong, ambulance ini siap, pak. Gratis,” ujar Ujang kepada Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Senin (24/7/2017).

Bupati Limapuluh Kota mengapresiasi upaya Ujang. Ia bahkan meminta kepala jorong maupun wali nagari lainnya, untuk berinovasi mengatasi kesulitan di daerah masing-masing.

“Ambulans gratis yang disediakan Kepala Jorong Panjaringan ini patut diacungi jempol. Kegiatan sosial yang menjadi inovasi pak Ujang, hendaknya ditiru oleh kepala jorong atau wali nagari lain,” ujar Irfendi Arbi.

Irfendi menambahkan, keputusan Ujang mengalihkfungsikan kendaraannya sebagai ambulans, jarang ditemui di daerah lain.

“ Mungkin ini satu-satunya di Sumbar, ada kepala jorong yang menyulap mobil pribadi sebagai ambulans. Semoga ini jadi ibadah. “ ujarnya.