Alumni Sejarah Unand Gelar Reuni Akbar dan Mubes

Padangkita.com – Menginjak usia ke- 36 tahun, alumni Ilmu Sejarah, Universitas Andalas (Unand) gelar reuni akbar dan Musyawarah Besar (Mubes) akhir pekan ini. Hingga saat ini, lebih dari 200 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara memastikan diri untuk hadir.

Ketua Panitia Pelaksana Reuni Akbar & Mubes II IKA Sejarah Unand Letkol Caj. Suherman mengatakan, acara akan berlangsung pada Jumat (30/3/2018). Selain itu, malam pada hari yang sama, diadakan Anugerah Sejarah 2018 dan pelbagai acara hiburan.

Kemudian dilanjutkan temu ramah alumni dengan pihak jurusan besoknya.

“Acara pada Jumat berlangsung dari pagi hingga malam di Convention Hall (CH) Unand Limau Manis. Sementara Sabtu malam, ramah tamah alumni dengan Jurusan Sejarah di Kampus Situjuh, Jati,” ungkapnya, Rabu (28/3/2018).

Reuni akbar dan Mubes mengusung tema “Saayun Salangkah untuak Kajayaan Basamo”. Dijelaskan Suherman, ada dua tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan reuni ini.

Pertama, tujuan ke dalam yaitu kejayaan para alumni, mahasiswa dan jurusan. Kedua, tujuan keluar, yaitu diharapkan para alumni sejarah unand ini dapat berbuat untuk kejayaan masyarakat, negara dan bangsa.

Arti kata, acara bukan sekedar melepas kangen belaka, melainkan mendorong peran nyata alumni kedepannya.

“Karena ini reuni yang pertama nan diadakan oleh alumni Sejarah Unand, diharapkan supaya alumni banyak yang hadir,” imbau Suherman.

Sementara itu, Ketua jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand Anatona berharap acara dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya seperti yang direncanakan.

“Seluruh alumni menjaga kekompakan saling menghormati, menghargai dan menyayangi. Alumni senior menuntun yang yunior,” pintanya.

Anatona mengatakan, untuk kesuksesan acara, pihaknya Ikut membidani, memantau terus dan berperan aktif membantu panitia.

“Sukses alumni menjadi salah satu indikator suksesnya jurusan,” tukasnya.

Pemanasan jelang reuni akbar dan Mubes, Kamis (29/3/2018), jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand mengadakan kuliah umum dengan tema ‘Eksistensi dan Peran TNI Dalam Sejarah Indonesia’.

Ada pun pembicara yang dihadirkan adalah alumni Sejarah Unand yang berkiprah sebagai TNI. Mereka adalah Letkol Caj. Suherman, Letkol Caj. Amiruddin, dan Letkol Caj. Huda Yasri.

Baca juga:
Serangan Anak Pauh dan Koto Tangah Dibalik Hari Jadi Kota Padang