Ada Rp233 Miliar KUR dari BNI untuk Warga Sumbar

Kredit usaha rakyat (foto: Ist)

Padangkita.com – Pelaku usaha di Sumatra Barat patut bersenang diri, karena ada banyak dana melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan bank untuk pelaku usaha. Salah satunya dari Bank Negara Indonesia (BNI).

Untuk tahun ini BNI Wilayah Padang mengalokasikan dana KUR hingga Rp233 miliar untuk seluruh Sumbar.

“Total untuk Sumbar tahun ini kami alokasikan Rp233 miliar. Penyalurannya dua bulan pertama tahun ini sudah menyentuh Rp73 miliar,” kata Rahmad Hidayat, Pemimpin Wilayah BNI Padang, Selasa (27/2/2018).

Ia menuturkan minat masyarakat untuk mendapatkan pinjaman usaha melalui KUR sangat besar sekali. Apalagi, bunga yang ditawarkan tahun ini hanya 7 persen, sehingga sangat memudahkan pelaku usaha kecil.

Rahmad mengatakan BNI Wilayah Padang mencakup area kerja Sumbar, Riau, Kepulauan Riau, dan Kerinci Jambi.

Total untuk wilayah Padang, jumlah KUR yang disalurkan mencapai Rp925 miliar meningkat signifikan dari penyaluran tahun sebelumnya yang hanya Rp840 miliar.

“Kalau secara total tahun ini kami sudah salurkan Rp209 miliar, dengan pencapaian di periode Januari saja sebesar 109 persen,” katanya.

Dengan kinerja penyaluran KUR yang menjanjikan itu, BNI optimistis alokasi penyaluran KUR sebesar itu sudah selesai disalurkan sampai September tahun ini.

Sementara itu, bank – bank penyalur KUR di Sumbar antara lain Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank Nagari.