9 Kota Kabupaten di Sumatera Barat Terima Penghargaan Adipura

Piala Adipura (foto:ist)

Padangkita.com – Sembilan Kota di Sumatera Barat (Sumbar) berhasil meraih penghargaan Adipura Tahun 2017. Penghargaan tersebut terdiri dari 6 kota/kabupaten meraih piala Adipura dan 3 kota/kabupaten lainnya meraih Sertifikat Adipura.

Asrizal Asnan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar mengatakan bahwa tahun 2017 Sumbar meraih 9 penghargaan Adipura.

“Ke 6 kota peraih Adipura adalah Kota Padang untuk kategori Kota Besar, Kota Bukittinggi dan Payakumbuh untuk Kategori Kota Sedang serta Kota Padang Panjang, Painan, Sawahlunto untuk kategori Kota Kecil. Sedangkan peraih sertifikat Adipura adalah Kota Lubuk Sikaping, Solok dan Batusangkar,” jelasnya kepada wartawan.

Menurutnya, pencapaian kali ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi Sumbar karena pada tahun 2016 hanya dua kota yang meraih penghargaan tersebut yaitu Payakumbuh dan Bukittinggi.

“Kita perlu bangga tahun ini 9 dari 12 Kota Adipura di Sumatera Barat, berhasil meraih penghargaan dibanding tahun 2016 yang cuma 2 kota saja,” jelasnya.

Program Adipura merupakan salah satu Program Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk mendorong terwujudnya kota-kota di Indonesia yang tidak hanya bersih, hijau, dan sehat, namun juga berkelanjutan dalam mewujudkan kota-kota yang layak huni (livable city) melalui kinerja kepemimpinan kepala daerah.

Selain itu, kota-kota tersebut juga harus mampu mengintegrasikan aspek pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan juga pembangunan lingkungan dengan turut mendorong partisipasi aktif masyarakatnya.

Sementara itu, Kota Padang berhasil kembali meraih Piala Adipura terakhir kalinya adalah pada 8 tahun yang silam atau pada tahun 2009.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah mengatakan kota Padang meriah piala Adipura berdasarkan undangan yang dikirim oleh Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut bernomor: UN.74/PSLB3/P5/PLB.0/7/2017, bertanggal 25 Juli 2017.

Piala Adipura tersebut rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada kepala daerah penerima di Plaza Ir Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, pukul 08.00 Wib.

Disarikan dari humas pemko, Kota Padang tercatat 17 kali menerima piala Adipura dan terakhir diterima pada tahun 2009 sebelum gempa besar meluluh lantakan kota Padang.

Baca juga:
Selamat, Hari ini Kota Padang Terima Piala Adipura

Sementara itu untuk kota Bukittinggi, Piala Adipura ini merupakan prestasi kedua kalinya dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Irwandi.