5 Manfaat Tersembunyi Minum Air Putih di Pagi Hari

Padangkita.com – Air putih memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air merupakan kebutuhan yang paling penting bagi tubuh manusia.

Di dalam tubuh air berfungsi sebagai penunjang proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, mengeluarkan sisa metabolisme dan mempertahankan suhu tubuh. Itulah mengapa manusia dapat lebih bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.

Meskipun hanya air putih, tetapi banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi minuman yang satu ini. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi air putih 8-10 gelas (2 liter), dikutip dari berbagai sumber :

1. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengkonsumsi air putih yang cukup maka akan memelihara produksi air ludah, sehingga mengurangi resiko terkena penyakit gigi dan mulut walau pembersihan gigi adalah salah satu hal utama dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.

3. Terapi Berbagai Penyakit

Air dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit seperti, jantung, ginjal, usus, penyakit kulit, penyakit saluran nafas, rematik, sakit kepala dan penyakit kewanitaan. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

4. Perawatan Kecantikan Kulit

Apabila konsumsi minum air kurang, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari pengaruh luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air putih hangat sebelum makan merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, dan lemak.

Baca juga:
"Menolak Diam!" Menuntut Transparansi Pengelolaan Anggaran Sekolah