4 Kekurangan Semen Padang FC Versi Suhatman Imam yang Perlu Dibenahi

Semen Padang FC (Foto: MO SPFC)

Padangkita.com – Legenda hidup sepakbola Sumatera Barat, Suhatman Imam memberikan bocoran persoalan yang dihadapi oleh Semen Padang FC pada putaran kedua Liga 1 Indonesia.

Semen Padang FC saat ini terpuruk di papan bawah kelasemen sementara yakni di peringkat 15. Posisinya rawan disalip oleh Perseru Serui yang berada di peringkat 16 atau zona degradasi. Saat ini Semen Padang FC hanya unggul 4 poin dari tim asal Papua tersebut.

Suhatman Imam menyatakan Semen Padang FC harus melakukan perubahan yang besar jika masih ingin bertahan di Liga 1 Indonesia musim depan.

Beberapa aspek yang menurutnya harus dibenahi adalah motivasi bertanding para pemain dan pola serta kerja sama permainan. Jika beberapa hal tersebut bisa dibenahi Semen Padang FC diprediksi bisa bertahan di Liga 1.

“Semen Padang saat ini kurang motivasi bertanding, kerjasama tim, dan variasi serta kombinasi dalam taktik serangan,” kata pelatih yang pernah membawa Semen Padang menjuarai liga Indonesia pada tahun 1992 itu, Jumat (06/10/2017).

Menurutnya, pelatih Delfi Adri harus mampu merumuskan fomulasi yang tepat untuk membenahi tim dengan 7 laga pertandingan tersisa ini.

Suhatman Imam yang ditunjuk menjadi penasihat teknis oleh manajemen Semen Padang FC mengatakan dirinya siap memberikan masukan kepada tim untuk bisa bangkit.

“Itulah fungsi keberadaan saya di tim ini. Sepanjang ada permintaan dari tim pelatih, saya akan memberikan kemampuan terbaik saya untuk membantu tim ini bangkit,” tegas Suhatman.

Tidak ada target yang mencolok dalam 7 laga sisa yang akan dihadapi oleh Semen Padang FC. Namun menurutnya, jika poin-poin tadi dapat dibenahi dengan cepat Hengki Ardilles dan kawan-kawan diprediksi bisa selamat dari jurang degradasi.

Semen Padang FC dalam laga terakhirnya di Haji Agus Salim cuma bermain imbang 0-0 dengan tamunya Madura United. Hasil ini memperpanjang rekor belum pernah menang Hengki Ardilles dan kawan-kawan dari 10 pertandingan terakhir yang mereka jalani.

Dari 10 pertandingan tersebut, Semen Padang FC menderita kekalahan 6 kali dan 4 kali meraih hasil imbang. Dari 6 kali kekalahan yang mereka derita, 3 laga diantaranya terjadi di Agus Salim, kandang mereka sendiri.

Di kelasemen Liga 1 Indonesia pekan ke 28, Semen Padang FC masih tertahan di peringkat 15 dengan raihan poin 29 dari 28 pertandingan. Menguntit di belakang mereka Perseru Serui dengan poin 25.

Semen Padang FC harus terus meraih poin saat menghadapi lawan-lawannya demi menghindari zona degradasi.