4 Destinasi Wisata Pilihan Kota Padang di 2017, Ini Lokasinya

Kota Tua Padang dilihat dari jembatan Siti Nurbaya (Foto: Ist)

Padangkita.com – Tahun 2017 telah usai. Ada banyak catatan penting mengenai perkembangan pariwisata yang ada di Kota Padang, Sumatera Barat. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi mengatakan selama 2017 Kota Padang dikunjungi oleh 3,5 juta wisatawan domestik dan 55 ribu wisatawan mancanegara. Dari kunjungan tersebut, sektor pariwisata menghasilkan PAD sekitar Rp74 miliar. Jumlah tersebut naik Rp17 miliar dari tahun 2016 yang hanya Rp57 miliar.

Jumlah kunjungan wisatawan, hingga akhir tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan naik hingga 93 persen dibanding tahun 2016. Dari sejumlah lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang paling ramai
adalah pantai Padang. Pantai Padang menjadi primadona bagi para pengunjung karena fasilitasnya sudah lumayan baik meski perlu peningkatan.

“Pantai Padang adalah objek wisata paling dipilih oleh para wisatawan,” katanya kepada Padangkita.com, Senin (01/01/2017).

Baca juga: Pariwisata Kota Padang Hasilkan PAD Rp74 Miliar Selama 2017

Lokasi pantai padang yang berada di pusat kota Padang menjadi daya tarik tersendiri bagi bagi pengunjung. pengunjung tidak perlu repot-repot untuk mengeluarkan energi untuk mencapai lokasi tersebut. Apa lagi saat ini pemerintah kota Padang telah memperbaiki dan memperindah kawasan pantai Padang.

Selain itu berwisata, di sekitar pantai padang juga terdapat sejumlah pusat kuliner atau rumah makan khas laut. Hal ini tentunya menjadi nilai plus tersendiri bagi pengunjung.

Kawasan pantai Padang. (Foto: Aidil Sikumbang)

Setelah pantai Padang, destinasi pilihan terfavorit para wisatawan adalah Pantai Air Manih. Puluhan ribu pengunjung selalu memadati lokasi wisata yang terkenal dengan batu Malin Kundang tersebut. Keberadaan Batu Malin Kundang tersebut menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang datang.

Meski harus menempuh perjalanan sekira 30 menit dari pusat kota Padang, namun destinasi ini tetap ramai di kunjungi oleh para wiasatan dari seluruh penjuru tanah air.

Wisata kota Padang memang tidak bisa dipisahkan dari laut. Setelah pantai padang dan pantai air manih. Satu lagi destinasi wisata pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Jambak.

Pantai pasir jambak berada sekira 20 kilometer dari pusat Kota Padang. Tempatnya tenang dan jauh dari keramaian kota. Pantai ini cocok buat para wisatawan yang ingin menikmati pasir putih dan birunya deburan ombak laut. Kawasan pantai ini masih cukup landai dan masih banyak pohon kepala. Sehingga cocok buat yang ingin berjemur sambil menyaksikan matahari yang terbenam.

Wisata pantai yang juga menjadi destinasi pilihan adalah pantai Caroline. Pantai Caroline menyuguhkan panorama kekayaan alam bawah laut. Lokasi wisata ini cocok buat yang suka menyelam dan menikmati keindahan bawah laut.

Pantai Padang (Foto : Humas dan Protokol Kota Padang)

Selain wisata pantai, wisata di kawasan kota tua juga menjadi pilihan bagi pengunjung. banyak pengunjung yang ingin melihat-lihat bangunan-bangunan tua. Selain bangunan tua, destinasi wisata ramai dikunjungi adalah Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini melintasi sungai Batang Arau. Dari atas jembatan ini para pengunjung dapat melihat bebas kawasan kota tua Padang.

BAGIKAN